Mengenai BB ini,

ada tabel detail-nya sich,
bisa baca di seri khusus ayahbunda, kumpulan artikel intisari, ataupun di KMS.
dari ke-3 sumber tsb, hanya ada yang menyebutkan pengaruh dengan BBL dan/atau menurut
usia dan tidak menyebutkan pengaruhnya dengan tinggi badan.

Sementara yang terakhir saya baca, intisari ini
selain uraian global tadi dari Ir. Faizal Anwar M.S, beliau juga menerangkan secara
detail dalam tabel.
judul tabelnya : Standar berat badan bayi dan anak menurut usia,.....juga jenis
kelamin, ..begitu ....

ini saya kutip sedikit ya...
" Cara termudah mengetahui anak kita tergolong sehat atau kurang gizi yaitu dengan
mengamati ukuran tubuhnya secara antropometris". Caranya : (BB anak / nilai standar
berat badan menurut tabel umur) *  100%

so, Chandra - 5 bln - BB 8.5kg
tabel mengatakan, seharusnya BB : 7.3kg  (laki)  6.7kg (perempuan)
ini artinya :  Chandra berada diatas nilai standard (116.5% )
wauu..... Chandra dilahirkan normal Mbak ? (sorry, OOT). Maaf saya terpana baca BBL
Chandra 4.65 kg.
DSA Andrew pernah juga bilang mengenai apa yang disampaikan oleh Ir. Faizal tsb,
namun.... itu berlaku untuk bayi lahir dengan BB normal (3 +/- 0.5kg)

Beberapa waktu lalu saya pernah lihat tabel tinggi badan x berat badan, tapi tabel tsb
menampilkan untuk usia >5th.
karena Andrew 6bln (waktu itu) jadi saya tidak begitu simak. Kita sama" cari info ini
yuk...

ok,
mamanya Andrew