Mbak Anna dan Pak Arief,
Yang dialami oleh anak-anak tersebut bukan gagap
(stuttering), kalau gagap yang diulang adalah huruf
katau suku kata awal misalnya :ssssaya, mamamau dst
Keadaan yang dialami anak ibu dan bapak wajar karena
kecepatan berpikir otaknya masih lebih tinggi dari
kecepatan nya berbicara dan mencari kata-kataayang
tepat. Keadaan ini akan berakhir beberapa saat lagi
setelah mereka punya perbendaharaan kata yang banyak
atau setelah lewat masa balita.
Sebaiknya mbak Anna dan suami jangan pernah memotong
atau bersikap tidak sabaran terhadap perilaku
tersebut, karena hal itu bukan kehendak anak. Takutnya
akan akan stress, kalau stress gagap yang sebenarnya
malah bisa muncul, atau malah mogok bicara, kan repot.
Saya rasa banyak anak yang keadaannya demikian,
termasuk Dafi (3 tahun) kalau bicara suka banyak 'ee'
nya sebelum nyambung ke kata berikut.
Jangan sampai anak kita terhambat perkembangannya atau
menyimpang, karena kita tidak tahu di tahap mana anak
kita sedang berada.
Demikian dari saya

Mamanya Dafi