Hallo mbak Dewi,

Dari buku yang saya baca tetang kolik pada bayi, penyebab kolik belum diketahui secara
pasti. Kemungkinan-kemungkinannya adalah :
1. rasa tidak enak di lambung, bisa karena kembung, alergi atau kepekaan terhadap
sesuatu dari diet ibunya jika dia menyusu ASI atau dari susu formulanya.
2.ketidakpengalaman orangtua dalam menangani tangisan bayi
3. biasa terjadi pada ibu yang mempunyai komplikasi kehamilanatau persalinan
4. faktor lingkungan seperti asap rokok

OBAT UNTUK KOLIK
Kemungkina terbesar penyebab kolik adalah rasa tidak enak dilambung terutama karena
kembung, maka dapat obat tradisionalnya adalah minyak telon/minyak kayu putih +
sedikit bawang merah + sedikit tembakau (dari rokok) yang di oleskan diperut
depan-belakang-samping. Atau obat tradisional lainnya untuk kembung (daun jarak yang
dipanaskan + Minyak kayu putih yang ditempelkan di perut setelah mandi pagi dan sore)

Sedang untuk obat yang biasa digunakan di Amerika/Eropa (anti kembung) adalah yang
mempunyai bahan aktif simetikon - namanya Mylicon dan Phazyme. Untuk kedua obat ini,
saya tidak tahu apakah ada di Indonesia atau tidak. (Saya baca dari buku) Sebaiknya
ditanyakan ke DSA-nya.

MENGATASI TANGISAN BAYI :
1. Dengan digendong.
2. Langsung merespon tangisan bayi, agar bayi merasa diperhatikan.
3. Melihat situasi, apakah udara terlalu panas/ dingin/berangin, dll sesuaikan pakaian
bayi dan ruangan sekitar dengan situasi.
4. Buat ritual -jadwal rutin (mandi, pergi keluar, tidur, dll)
5. Usahakan agar bayi merasa nyaman
6. Hadirkan wajah dan lengan baru - minta tolong kepada orang lain di rumah untuk
menggantikan sementara menggendong, karena mungkin kita sudah letih dan stress.
7. Cari udara segar - dengan pergi keluar rumah.
8. Mencegah tertelannya udara bila sedang menyusui dengan botol (dot harus penuh
dengan susu), segera sendawakan bayi setelah minum.

Sepertinya itu saja yang bisa saya sadur dari buku mengenai kolik, mudah-mudahan
berguna.

Ningrum

Sep
--

On Wed, 12 Sep 2001 22:13:07
 dewi wrote:
>Mohon para dokter ataupun rekan-rekan sekalian yang masih memiliki File tentang
>penyakit Kolik dan penyembuhannya (cara mengatasinya). Mohon fia Japri saja biar
>tidak mengganggu rekan yg lainnya. Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan banyak
>terimakasih.
>
>dewi

Get 250 color business cards for FREE!
http://businesscards.lycos.com/vp/fastpath/