FYI

Tak Benar 10 Obat Populer Dilarang Beredar

Produser obat-obatan PT Tempo Scan Pacific Tbk (TSPC) membantah bahwa
ada beberapa produknya yang harus ditarik dari peredaran.

Bantahan ini dikeluarkan menyusul beredarnya surat yang mengatasnamakan
ketua Pengawasan Obat dan Makanan (POM). Dalam surat yang beredar via
email itu, dinyatakan ada 10 obat dari beberapa jenis yang harus
ditarik. Alasan utamanya adalah karena mengandung bahan PPA di atas
ketentuan dan telah menyebabkan meninggalnya banyak orang.

Produser obat yang dipersalahkan dalam surat tersebut adalah PT Konimex,
PT Tempo Scan, PT Darya Varia dan PT Wigo Hoslab. Sedangkan obat-obatan
yang dinyatakan terlarang adalah obat-obatan yang cukup populer, seperti
Inza-Inzana, Paramex, Contrex, Bodrex-Bodrexin, Super Tetra,Hemaviton
Energy Drink, Hemaviton Action dan Natur E.

Dalam penjelasannya, manajemen Tempo Scan dan Ditjen POM menyatakan
surat tersebut tak lebih dari fitnah belaka, yang motifnya tak lain
adalah motif ekonomi, bisnis dan persaingan usaha.

Ada beberapa kesalahan mendasar dalam surat itu, antara lain disebutkan
kandungan phenylpropanolamine (PPA) dalam obat-obat itu lebih dari 15
persen per takaran obat. Padahal seharusnya, yang dilarang adalah
kandungan PPA yang melebihi 15 miligram (mg).

Kemudian, disebut pula PPA beracun karena mengganggu kualitas sperma dan
sel telur. Padahal hal itu tak berkaitan sama sekali. Yang terakhir
adalah, dalam surat kaleng itu dinyatakan proses produksinya tak
higienis, suatu tuduhan yang kurang relevan di dalam bisnis farmasi.
(ad-ns)