Mbak Yama,
anak saya juga pernah bisulan sewaktu usia 13 bl, kata orang2 krn dikasih
telur, pdhl saya baru memberikan telur ketika usia 20 bl. Itupun ketika
bisulnya sdh menghilang dan moga ngga pernah nongol lagi.

Dan dulu saya pernah tanyakan ke dr. ttg. bisul ini,

1. Bisul adlh pembengkakan yang berisi nanah, yang merupakan hasil
pertempuran antara bakteri dengan sel darah putih (lekosit ).
2. Mengapa bisul bisa timbul ?

-- Bisul bisa timbul jika :

- ada infeksi

- darah mengandung bakteri.

- daya tahan kurang baik.

3. Sebaiknya diberi perawatan apa utk mencegah bisul ?

- yang utama kebersihan , agar jangan sampai infeksi .

- yang kedua adalah menaikkan daya tahan dengan gizi dan vitamin.

4. Apakah benar bisul timbul karena tubuh kelebihan protein ?

- Saya banyak mendengar kalau bisul timbul karena banyak mengkonsumsi telur,
apa benar dok...?

- tentu tidak , justru protein akan membuat daya tahan lebih baik.

TAMBAHAN DARI SAYA TENTANG KASUS anak anda. ,

1. Pengobatan bisul terutama yang belum matang , nomor satu adalah
antibiotika

dosis tinggi.

Dengan pengobatan ini bisa terjadi 2 kemungkinan :

- nanah atau pembengkakan itu akan diserap

- atau jadi matang kalau bisul itu besar , dan untuk ini dari mata bisul
bisa dipecah

atau diadakan suatu tindakan operasi kecil, yaitu nanah dikeluarkan .

2. mengenai siapa yang menangani apakah DSA atau ahli mata ?

a. bukan titel yang paling penting ! Dokter umum, bahkan matri yang expert
jauh

lebih handal atau kadang2 lebih cespleng dari para ahli. Dokter mata
dibutuhkan

jika perlu tindakan operatif, walau semua itu bisa dilakukan oleh dokter
umum.

Yang penting usahakan jangan dioperasi , tetapi dengan pengobatan
antibiotika.

Biasanya penicillin /ampicillin saja cukup. Coba kalau ke DS.. obatnya bisa
macem-

macem dan aneh2, yang malah bakteri jadi rentan (kebal ).

b. obat dengan mengompress air hangat , bukanlah utama. Antibiotika yang
paling

utama untuk membunuh kuman.

2 hal yang sering dikerjakan dokter :

- kompress dengan air hangat --- supaya lekas terserap.

- kompress dengan air dingin -- supaya tidak menyebar.

Jadi masalah kompress bukan keharusan . Dokter harus memberikan antibiotika
yang

cocok buat si anak.

Pemberian salep hitam ( icthtyol), bermaksud agar bisul capat matang.

Tapi semua itu percuma , andai tidak diberi antibiotika.

Sisi negatip lain dari pemberian ichtyol ialah seprei jadi hitam.

Pemberian gizi harus diperhatikan .