Beberapa tahun lalu ada kejadian mengerikan dari
saudara teman saya, yaitu anaknya koma dan meninggal
setelah terjebak dalam mobil. Anak balita itu dibawa
ibunya kepasar dan sepulang dari pasar ibu anak
tersebut langsung parkir mobil di carport, kemudian
turun dan menyuruh pembantunya mengambil hasil
belanjaannya. Si ibu mengira anaknya yang tertidur
lelap di jok belakang mobil dibawa pembantunya
keluar mobil, sebaliknya si pembantu mengira anak
majikannya telah keluar mobil bersama-sama ibunya.
Mobil dalam keadaan terparkir di carport selama +/- 1
jam, dan baru keduanya mengetahui anak balita tersebut
terjemur matahari dalam mobil setelah mencari-carinya
sekitar rumah. Anda dapat bayangkan apa yang dilakukan
anak kecil tersebut dalam mobil selama terjemur
matahari. Dia belum tahu cara membuka handle pintu
mobil dari dalam. Dia hanya mengacak-acak tissue, jok
serta kaca dan dinding pintu mobil sampai tangannya
berdarah. Akhirnya pingsan,koma dan meninggal. Dari
salah satu survey General Motor diperlihatkan bahwa
sejak tahun 1996 sampai 2000, setidaknya 120 anak
dibawah umur 3 tahun meninggal dunia karena serangan
jantung akibat terjebak didalam mobil yang diparkir.
Seorang anak akan mengalami serangan jantung karena
tidak dapat menahan kenaikkan suhu tubuhnya dan bisa
naik sampai diatas 40 derajat celsius dalam 15 menit.
Anak yang ditinggal dalam mobil terkunci - terutama
saat hari sedang panas-panasnya - memiliki resiko
sangat berbahaya. Anak belumlah bisa mengontrol
temperatur tubuhnya secara effisien seperti orang
dewasa. Apalagi temperatur dalam mobil lebih tinggi
dari temperatur diluar. Mobil yang diparkir diluar
selama 20 menit, suhu udara didalamnya bisa naik 30
persen. Dari survey itu pula dikatakan bahwa 10
persen dari orang tua menyangka cukup aman
meninggalkan
anak sendirian dalam mobil untuk beberapa menit. Dari
10 persen tadi, sebanyak 20 persen adalah pasangan
muda
berusia sekitar 18  -  24 tahun.
50 persen responden mengatakan bahwa dengan tidak
mengunci pintu mobil yang diparkir di halaman rumah
(carport misalnya)menyangka bahwa anak balita mampu
bebas masuk dan keluar mobil.

Dari ulasan diatas ada beberapa tips yang berguna
bagi kita (terutama bagi yang masih punya anak kecil
atau yang akan mempunyai anak kecil lagi
1. Jangan pernah tinggalkan anak sendirian di mobil