Pada hari Tue, 25 Sep 2001 16:46:09 +0700
TJUTJU SOBARI <[EMAIL PROTECTED]> menulis sbb:
> Sharing pengalaman,... biasanya orang tua kita dulu memberikan kepada balita
> mereka sedikit kopi,... dan hal tsb saya praktekan juga pada anak saya
> (Nabilah & Luthfi) dan alhamdulillah setelah beberapa kali kejadian kedua
> anak saya terserang demam yang tinggi ( + hampir 40 derajat C ..kurang
> dikit) anak saya tidak sampai mengalami kejang dan hanya mengigau saja...

Kalau kata DSA di milis Anakku, anak Stuip/Steep/Step/panas tinggi
sampai kejang tidak boleh diberi makan/minum apalagi kopi.

Ini saya forwardkan email dari milis sebelah:

---------------------------------
Pada usia ini, seorang anak sangat rentan sekali terhadap demam.
Anak ibu sangat mungkin terkena apa yang disebut sebagai kejang demam. Untuk
mengatasinya, tentunya harus dilakukan monitoring terhadap suhu si anak. Jangan
biarkan suhu tubuhnya lebih dari 38 C, dan ada baiknya ibu juga menyiapakn
obat anti kejang yang mungkin akan diresepkan oleh dokter di rumah anda (biasanya
berbentuk cairan yang dimasukkan lewat dubur)

Tentunya sebab-sebab lain yang menyebabkan anak ibu kejang
mungkin ada, untuk itu memang diperlukan adanya pemeriksaan berkala kepada dokter
yang merawat anak ibu.

Penting untuk ibu ketahui, mencegah terjadinya demam dengan
memperhatikan suhu tubuhnya adalah jauh lebih baik dibandingkan
mengatasinya sewaktu kejang. Namun bila seandainya terjadi kejang, yang
harus ibu perhatikan adalah tidak memberikan makanan atau minuman pada
si anak, melainkan obat anti kejang tersebut.

Ada mitos di masyarakat bila kejang anak diberikan kopi, tapi hal ini
tidak dianjurkan dari segi medis, karena kekhawatiran si anak
justru malah akan tersedak dan dapat terjadi aspirasi.

Pentingnya mengatasi kejang dalam waktu yang singkat dan  cara
yang tepat karena hal tersebut dapat mempengaruhi perkembangan otak dari
si anak. Makin cepat dan tepat tindakan yang dilakukan akan sangat berguna
sekali bagi kondisi si anak di kemudian hari

Periksakanlah anak ibu, secara teratur agar ibu dapat memiliki
gambaran sebnarnya apa yang dialami anak ibu, serta membiasakan untuk
mengatasi keadaan kejang yang tidak kita inginkan tersebut.

Semoga berguna

Klinik Anakku