Kalau saya mendongengnya malah tidak pernah sebelum tidur. Mendongeng
atau bercerita buat saya jadi acara main rutin sehari-hari bersama anak
saya, bisa berkali-kali dalam sehari.

Mendongengnya juga tidak pakai buku. Saya pakai barang2 apa saja yang
ada di sekeliling. Bisa boneka, sisir, bantal, sendok, gelas minum,
botol dot bahkan botol minyak telon juga oke aja. Di-dalang-in gitu...
Mungkin karena dari kecil saya sendiri doyan maen boneka yang
didalang-in, jadi saya tidak pernah kehabisan bahan cerita. Saya-nya
juga sampai "akrobat" segala untuk memerankan adegan dongengnya, dan
juga sambil guling2 dan ketawa-ketawa sama anak saya (8 bulan). Kalau
cara mendongengnya kayak saya dijamin anaknya malah gak mau tidur...
hehehe... maunya guling2 dan ketawa2 sama bunda-nya terusss...

Mainan anak dan buku2 khusus anak buat saya harganya terasa agak mahal
sehingga saya memikirkan cara lain untuk bermain dan belajar buat anak
saya. Tentunya dengan memanfaatkan apa saja yang bisa dimainkan dan
tidak tergantung dengan mainan khusus anak-anak, yang kadang2 harganya
bikin saya geleng2 kepala... Untuk buku-buku, saya pakai saja majalah2
yang saya punya. Anak saya dipangku trus kita sama2 lihat2 gambar sambil
saya terus berkicau. Kalau kelihatan anak pengen eksplorasi dan
eksperimen dengan buku (baca:dirobek2), ya saya carikan majalah yang
saya relakan untuk dijadikan eksperimen si kecil. Setelah puas
ngeberantakin seluruh lantai kamar, si kecil saya angkat dan dimandikan.

--
Ferona