From: Quinike N. Sukirwan <[EMAIL PROTECTED]>
To: [EMAIL PROTECTED]; Meike W <[EMAIL PROTECTED]>
Subject: Re: [balita-anda] Uang Jajan
Date: 01 Nopember 2001 22:15

Halo,anakku sendiri masih 2.5 th nih ya... blm kenal uang jajan,
cuman ini sharing dr pengalamanku sendiri.

Sejak SD, kelas 1, aku sdh dibiasain megang uang jajan sendiri.
Dikasihnya tiap hari, 10 rupiah apa ya... waah, jaman itu...
Trus, mulai kelas 3 SD, aku sdh memegang uang jajan per minggu,
jadi mamaku kasih aku seminggu sekali. Aku belajar menghitung dan
meng-koordinasi uang jajanku. Jadi bisa membatasi jajanan sendiri.
Nah, ketika SMP, baru deh aku mulai mendapat uang jajan per bulan,
plus uang sekolah. Jadi aku juga belajar bertanggung jawab atas uang
sekolahku u/ dibayarkan ke sekolah.

Ketika pindah ke Jkt, aku naik bis ke sekolah tiap harinya, jadi ada satu
tambahan lagi : uang bis. Jadi tiap bulan, aku dapat uang sekian, u/
jajan, bis, dan uang sekolah. Kalau pun perlu lain2, u/ excul, aku minta
lagi. Tp sejak SMA, krn sdh punya tabungan sendiri, jadi u/ excul dan uang
foto kopi, atau uang prakarya, aku biasanya bayar sendiri.

Trus terang, aku bangga sekali dg sistem yg diterapkan ortuku ini, krn aku
bisa mengelola keuanganku dg baik sekali. Bahkan ketika kuliah, ortu cuman
mentransfer ke bank account aku, dan semua-muanya aku atur sendiri, tmsk
membayar kost dll.

Pernah aku bertemu seseorang, adik kelas, yang terus terang aku heraaann
banget... wkt itu dia sdh SMA, tp u/ pergi naik angkot, masih minta uang
ke ortunya. Bahkan, ketika dia hampir lulus kuliah, mau pergi fotokopi pun
masih minta uang sama ortunya. Tanya punya tanya, rupanya dia tidak pernah
punya tabungan dan tdk pernah mengelola uang sedikit pun. Jadi 100%
apa-apa dia minta sama ortunya. Waaah.... udah mo sarjane je... bentar
lagi kawin... gimana mo ngurus rumah tangga ya?

Btw, kembali ke soal uang jajan, klu anak2 sdh bisa "mengenal" uang dan
bisa menghitungnya, alangkah baiknya klu diajarkan "mengelola" uang dari
awal. Dan jgn lupa diajari menabung juga! Mgk u/ jaman sekarang, bukan 10
rupiah per hari lagi ya... 100 'kali, atau 1000?

Anyway, belajar "menyimpan" uang sedari kecil, manfaatnya besar lho!
Anakku, dia punya Barney bank [celengan], klu aku punya xtra coin aku
kasih ke dia... dia bilang, makasih Mama, Barney-nya sdh dikasih makan.
Waktu kutanya, mau buat apa uangnya.... dia bilang, mau u/ beli buku
Barney! :)

Sorry, klu sharingku tll panjang.
It just my past, and I know it's worth a lot!

best regards,
Quinike

=====
Atau kirim email kosong ke: