waktu saya hamil, saya sempat beberapa kali naik pesawat ...

sebenarnya jika ingin bepergian jauh, transportasi  yang paling aman untuk
ibu hamil ya naik pesawat, dibanding mobil, atau kapal laut...
ibu hamil diperbolehkan naik pesawat sebelum usia 7 bulan, setelah itu
karena perut kita udah mancung, kita harus bawa surat keterangan dokter.
Pada waktu kehamilan saya usia 7,5 bulan saya harus naik pesawat Makassar -
Jkt - Denpasar - Jkt.

Di airport Makassar, saya lolos (ngga ditanya apa2). Sedangkan waktu di
airport Cengkareng, saya pake surat keterangan dokter (yang dari makassar
itu..) ternyata ngga boleh .... surat-nya harus dilegalisir sama dokter di
poliklinik airport. Poliklinik airport letaknya di keberangkatan untuk
international dan harus bayar sekitar 30 ribuan. Nah ini kan butuh waktu,
untung waktu itu saya datang agak cepat, bayangin kalo udah mepet, apa ngga
ditinggal ... dan ada syarat lain juga yaitu : dalam pesawat itu harus ada
seorang dokter. Untung juga waktu itu ada.

Tips penting : kalo pilih pesawat ya yang paling besar (bisa ditanya waktu
beli tiket). Waktu itu saya naik Boeing 737.. jadi getaran ngga kerasa.
Apalagi sekarang musim hujan, dan cuaca ngga bagus.. Kalo pesawatnya kecil
(fokker 28) mending dipikir2 ya bu.., kalo terpaksa berangkat pilih waktu di
mana ngga hujan. Misalnya kalo hujan biasanya sore, pilih waktu
keberangkatan pagi. Selanjutnya, ya enjoy saja naik pesawat. Ngga pa pa kok
!