From: Linawati (GSK) [mailto:[EMAIL PROTECTED]]
Sent: 27 Nopember 2001 9:27
To: '[EMAIL PROTECTED]'
Subject: [balita-anda] Virus MKT (Mulut, Kaki, Tangan)

Dear Netters,

Saya mo sharing nih, di kantor saya sekarang lagi mewabah virus MKT (Mulut,
Kaki, Tangan) kemarin teman kantor saya anaknya meninggal karena virus
tersebut. Kasian sekali melihat anak itu berbaring seperti orang tidur,
anaknya baru berumur 2,5 tahun, perempuan, sedang lincah2nya. Anak itu
tertular dari kakaknya. Sebelumnya kakaknya kena virus itu tapi sudah
sembuh. Nah adiknya tidak tertolong.

Gejalanya : anak tidak mau makan, setiap dikasih makan selalu dimuntahin
(ini disebabkan karena mulutnya banyak sariawan yang membuat dia susah untuk
menelan), kemudian panas/demam naik turun. Lalu di kaki dan tangan itu
timbul bercak2 merah. Virus itu bekerjanya langsung menyerang otak dan
jantung.
Oh ya katanya tidak selalu yang terjangkit virus ini akan timbul bercak
merah di kaki dan tangan, tapi yang pasti sariawan akan timbul. Jadi kalau
anak sudah tidak mau makan lebih baik kita cepat2 bawa ke dokter.

Saya himbau ibu2 untuk lebih berhati2 karena virus itu sudah banyak
menyerang anak2, di kantor saya sudah ada 2 anak yang terkena virus itu,
satu yang tidak tertolong nyawanya, satu lagi tertolong. Lalu di lantai yang
beda (masih satu gedung) saya dengar katanya ada karyawati yang semua
keponakannya terkena virus itu (kebetulan sekali dia tinggal di bogor).

Yang saya tau dari temen saya yang anaknya sudah sembuh, DSA nya bilang itu
tidak ada obatnya jadi hanya bentuk pencegahan saja. Kalau kondisi anak
sedang sakit, lebih baik jangan dibawa ke mal dulu. Karena kondisi tubuh
yang lemah mudah dijangkiti oleh virus itu. Saya sekarang harus pikir2 kalau
membawa anak saya ke mall.

Semoga informasi ini berguna bagi netters sekalian.

Salam,
Mamanya Nicole

http://www.indokado.com/