Dear Mbak Christine,

Putra saya juga baru saja menginjak 1 th. dan justru saya merasa sangat
gembira sekarang ini karena setelah umur satu tahun banyak sekali rangkaian
susu untuk satu tahun ke atas.  Semua memang bagus-bagus, apalagi TVC yang
menayangkan kelebihan tiap-tiap produk begitu menarik, tiap produk memiliki
kelebihannya sendiri-sendiri.  Contohnya ada yang menawarkan Calcium untuk
pertumbuhan optimal DHA atau Omega untuk pertumbuhan otak yang baik, Eye Q
untuk mata yang cemerlang dan lain sebagainya.

Kalau saya pribadi sejak dulu memang tidak pernah memberikan satu merk
khusus untuk buah hati saya, sejak Ryan masih bayi saya berikan
bermacam-macam merk.  Hal ini saya lakukan dengan alasan:
1) Agar tidak ada ketergantungan terhadap brand / merk yang tertentu saja.
Hal ini penting, karena jika kita terbiasa memberikan satu merk susu kepada
putra/putri kita maka ada kemungkinan dia akan sangat terbiasa dengan merk
itu dan tidak akan menyukai atau bahkan tidak menerima kalau diberikan merk
yang lain.  Akibatnya jika sampai kehabisan stok kita jadi repot.  Seperti
pernah terjadi pada tahun-tahun yang lalu sewaktu banyak sekali kerusuhan
yang mengakibatkan pasar swalayan dibakar atau dijarah...... kata beberapa
rekan saya yang pada saat itu sudah memiliki bayi, mereka sangat  kerepotan
mencari susu untuk bayi-bayi mereka karena hanya mau mengkonusmsi merk yang
itu-itu saja sedangkan di tempat lain merk tersebut tidak / susah sekali
didapatkan.  Jadi karena pertimbangan tersebut, maka saya pikir untuk tidak
membiasakan Ryan memakai satu merk saja.

2) Seperti kita lihat banyak sekali merk susu yang beredar dengan kelebihan
masing-masing, maka dengan mencoba banyak merk, bukan tidak mungkin putra /
putri kita juga akan mendapat banyak manfaat khan?

Segitu saja saran dari saya, tetapi itu juga tidak terlepas dari kondisi
bayi kita, kebetulan Ryan bukan termasuk anak yang alergis terhadap satu
formula tertentu.  Kadang ada anak yang bisa diare jika tidak cocok susunya.
Kita sebagai orang tuanya harus tahu dan ingat apabila susu tertentu tidak
cocok untuk bayi kita.  Semoga saran ini berguna.

Salam,
Mamanya Ryan