Umur 2 tahun belum bisa dipastikan ada penyimpangan
kok bu, tidak usah terlalu takut. Tetapi beberapa hal
harus diperhatikan :
1. Apakah ada anak lain di rumah (saudaranya). Anak
kecil kan sudak meniru jadi kalau sehari-hari yang
dilihat perempuan dan segala aksesorisnya ya pasti dia
akan terbiasa dengan hal itu.
2. Dalam setiap kesempatan coba tekankan bahwa dia
seperti ayahnya. Jadi misalnya dia lihat kita sedang
pakai jilbab, kita katakan "Perempuan pakai jilbab,
laki-laki tidak, adik laki-laki seperti ayah jadi
tidak pakai jilbab" dst untuk lisptik dan semacamnya.
3. Kalau anak ibu baru satu, berarti ibu yang punya
peran mendorong dia karena yang membelikan mainan kan
ortu, jadi lebih baik memilih mainan yang universal,
tetapi jangan salah, alat memasak, membersihkan rumah
bukan mainan wanita saja lho anak laki-laki juga perlu
mengenal permainan itu.
4. Usahakan ada waktu yang rutin anak berinteraksi
dengan ayahnya atau laki-laki dewasa lain sehingga dia
juga bisa mengadop perilaku 'laki-laki'.
5. Perasaan ibu sendiri harus diatur, bagaimana pun
bukan kita menentukan jenis kelamin anak. tugas kita
membimbing mereka sesuai dengan kodratnya. pengaruh
lingkungan jauh lebih besar daripada bakat yang dibawa
sejak kecil (kalau pun memang ada kelainan) karena itu
kitalah yang harus mengontrol lingkungan anak sehingga
dia bisa tumbuh sesuai.

Mamanya Dafi

--- Rahmawati Setiadi