dear Mutia,

Anak saya, Zaza (7 bulan) juga jatuh dari tempat tidur pada hari pertama
sahur. Zaza jatuh tengkurap, gulingnya juga bertebaran di bawah. Waktu itu
masih sekitar pk. 3.30 pagi dan saya tidak punya Trombopop di rumah, jadi
hanya digendong saja oleh ibu saya. Zaza nangis, dan akhirnya tertidur juga
di gendongan. Zaza tidak ada benjol apa-apa, karena jatuhnya tengkurap.
Hanya di sekitar pipi, agak sedikit biru (sedikit catatan, Zaza pipinya
montok sekali). Jadi mungkin tertahan lemak di pipinya. Paginya pk. 08.00,
saya bawa ke DSA. Setelah diperiksa secara fisik, tidak ada apa-apa. DSA
juga tanya apa Zaza muntah setelah jatuh. Zaza memang tidak muntah, tapi DSA
menyarankan sebaiknya di-rontgen, karena dari luar tidak ada apa-apa,
takutnya di dalam terjadi perdarahan. Saya sempat khawatir anak sekecil dia
dirontgen apa tidak berbahaya. DSA bilang tidak apa-apa, toh umurnya sudah 7
bulan. Akhirnya saya ke lab, rontgen kepala. Prosesnya cepat kok, Zaza
ditidurkan seperti kalau ke dokter, dan ada alat (mesin) di atas kepala
untuk foto. Sorenya hasil rontgen sudah bisa diambil, langsung dibawa ke DSA
lagi. Alhamdulillah....dari hasil rontgen tidak ada yang membahayakan. Oh
ya, setelah dari lab siangnya saya bawa ke tukang urut bayi. Itu juga
setelah mendapat persetujuan dari DSA. Mungkin karena Bu Tardi (tukang urut
bayi) di Bogor memang terkenal, jadi DSA malah bilang, iya diurut saja,
tidak kenapa-napa. Oleh Bu Tardi, dibilang juga tidak ada yang membahayakan.
Begitulah sedikit cerita dari saya yang mengalami kejadian serupa belum lama
ini.

Saran untuk Mutia, sebaiknya lekas bawa ke DSA nanti sore, kalau perlu minta
ijin supaya bisa masuk duluan, jangan tunggu lebih lama. Lebih cepat
diatasi, lebih baik. Sambil menunggu DSA, sering-sering dioleskan trombopop
pada benjolnya. Ada sepupu saya, anaknya jatuh umur 5 bulan, dan benjol
besar di kepalanya. Sering dioleskan trombopop untuk pertolongan pertama,
berangsur-angsur akan kembali normal. DSA memang menyarankan supaya tidur
tanpa bantal setelah jatuh. Saya sendiri engga tahu efeknya. Semoga Raka
tidak kenapa-napa ya. Kalau mau tanya apa-apa lagi, boleh ke email saya :
[EMAIL PROTECTED]

regards,
Mia (Zarifa's Mother)
 ([EMAIL PROTECTED])