TANYA JAWAB tentang KESEHATAN MATA

Pertanyaan :
1. pertama. mata kiri saya sering seperti mau kedip sendiri ( cedutan ) yang
kadang dapat menggangu konsentrasi saya dalam bekerja..konon teman saya
mengatakan bahwa saya dianjurkan periksa ke dokter dengan alasan pemakaian
kaca mata, namun saya yakin bahwa penglihatan saya cukup jelas, atau sering
kurang tidur.

Minta pentunjuk dan saran, apakah ada hal yang membahayakan.( cedut kiri
berarti kesedihan, itu menurut lelucon rekan rekan kerja)

2. penting sekali saya ingin pertanyakan...mata saya seperti ada nyamuk yang
menempel, bila saya melihat ke kiri dia ikut...begitu juga sebaliknya ke
kanan , bentuk seperti bangkai nyamuk. atau bakteri yang memilki
kakikaki...( bukan ilusi...tapi real)...nah bila saya menutup mata
....bayangan nyamuk tetap ada dan mengikuti arah pandang...apakah kerusakan
retina...atau katarak mata?

Perlu Dokter ketahui bahwa saya adalah seorang arsitek, merokok, bekerja
didepan komputer tiap hari, hobby lembur pada waktu kuliah, fitmess dan
makan telor, waktu kecil saya sering dan hobby bermain layangan dan mata
saya sering menatap matahari..

apakah indikasi ini bahaya akan/ thd penglihatan saya, mengingat karir saya
tergantung sekali dari penglihatan...
Minta petunjuk dan saran

 Jawaban

1. Cedut pada mata tidak ada hal yang membahayakan seperti yang dileluconkan
teman Anda, cedutan seperti merupakan gerakan refleks dari saraf motorik ,
karena itu tidak berhubungan dengan kaca mata.
2. Untuk keluhan kedua, kelainan itu disebut pterygium, silahkan periksakan
dan konsultasikan ke dokter spesialis mata. Bekerja di depan komputer dan
merokok, hubungannya dengan mata adalah berada didepan komputer untuk
berjam-jam dapat membuat mata kelelahan dan menyebabkan penurunan ketajaman
penglihatan, apalagi jika ada efek radiasi dari komputer. Oleh karena itu
kami sarankan agar menggunakan filter dan istirahat bila mata anda terasa
lelah, olahraga dan makanan bergizi tetap dianjurkan dan jangan lupa di pagi
hari biasakan menatap warna-warna hijau yang segar seperti daun-daunan.
Mengenai merokok secara langsung mungkin dapat berdampak ke mata kecuali
mungkin dengan asap rokok. Tetapi yang jelas rokok bisa berpengaruh pada
organ tubuh yang lain misalnya jantung, paru-paru, saraf, pencernaan, dll.
Hanya ini yang bisa kami sampaikan mudah-mudahan ada manfaatnya.

Semoga bermanfaat

Dede Maulana
I-614832
Anda ingin mempunyai Bisnis Sampingan ?
Dapatkan ebook gratis Peluang Usaha Sampingan
Dengan mengirimkan email kosong ke : [EMAIL PROTECTED]
<mailto:[EMAIL PROTECTED]>
Dengan subject : ebokk gratis