Rekan sekalian,

saya merasa sulit sekali untuk membiasakan sulung saya (3 th) makan sendiri.
Pada prinsipnya dia sudah bisa diminta untuk duduk di meja makan (walau
paling lama hanya 15 mnt)dan memulai makannya. hanya saja sulit untuk
memintanya menghabiskan makan tsb. setelah 15 mnt pertama yang terjadi
adalah main-main lalu meninggalkan meja dan makanannya.

Kadang saya sering merasa prihatin jika seharian amat sedikit makanan yang
masuk ke dalam tubuhnya. Apalagi ia tidak suka ngemil dan minum susu.
Beberapa teman mengatakan bahwa hal ini hanyalah temporer dan dalam jangka
waktu 1-2 bulan pasti anaknya sudah mandiri. Namun saya agak ragu, bagaimana
jika ia jadi kurang gizi? bagaimana jika nanti malah gampang sakit? dst.
Perlu diketahui selama ini dia selalu disuapi jika makan. Dan dia termasuk
kategori pick eater dengan kombinasi diemut. jadi makan waktu 1-2 jam
sendiri untuk menyuapinya.

Apakah menyuruhnya duduk di meja makan dan menyuapi makannya sendiri terlalu
drastis? adakah cara lain?

Maaf kalau ceritanya kepanjangan. Tapi saya amat menghargai bila rekan
sekalian bisa berbagi saran untuk masalah saya ini.

Trims
mamanya hafiz dan iqbal