From: Haryani <[EMAIL PROTECTED]>
To: <[EMAIL PROTECTED]>
Sent: 29 Januari 2002 12:57
Subject: [balita-anda] Indahnya berbagi....

Halloo rekans,

Anak saya, Elson (16 bln) baru saja keluar dari RSAB "Harapan Kita" karena
terserang Rubella. Dia sempat di opneme 5 hari. Tapi syukur deh sekarang
udah sehat dan ceria kembali. Ceritanya begini.... Elson panas badannya
kurang lebih 2 hari (39,3 C), aku udah bawa ke DSA-nya di RS Hermina
Podomoro. Menurut analisa awal Elson terserang flu. Setelah panas 2 hari,
keluar bercak2 merah di badannya. Aku balik lagi ke DSA-nya, ternyata baru
ketahuan bahwa Elson terserang Rubella. Yang membuat dia di opname karena
gak bisa makan dan minum, muntah melulu. Ternyata menurut DSA-nya kalo
terserang Rubella tsb, maka semua jaringan dalam tubuh (selaput lendir dan
usus) juga bercak2 merah, jadi gak bisa menyerap makanan atau minuman.
Disamping itu rada mencret. Setelah konsultasi ama DSA-nya berikut ini dapat
saya sampaikan bedanya Rubella dan Morbilli. Rubella (campak jerman)
biasanya lebih ringan dibandingkan dengan Morbilli (campak). Rubella keluar
diseluruh tubuh dalam bentuk bercak merah yang kecil dan tidak tebal,
biasanya baru keluar bercak merah tersebut setelah panasnya turun. Kalau
Morbilli, bercaknya lebih tebal dan melebar. Matanya rada bengkak dan kuping
juga bengkak, disamping itu diikuti ama batuk dan mencret. Bercak merah
keluar tetapi suhu badan tetap panas. Jadi hati2 yah buat Ibu dan Bapak yang
punya Batita, sekarang lagi banyak virus campak dan cacar. Menurut informasi
suster yang merawat di RS, banyak anak2 yang lagi terserang diare.

Salam,

Mamanya Elson