From: Siti Khodijah <[EMAIL PROTECTED]>
To: <[EMAIL PROTECTED]>
Sent: 08 Februari 2002 11:31
Subject: RE: [balita-anda] pengaruh dot thd pertumbuhan gigi

halo mbak rini dan ibundanya zalika,

anakku juga dari usia 2 bln sudah dibiasakan minum susu formula
pakai dot,
dan sampai sekarang alhamdulilah pertumbuhan giginya baik...
saat ini di usianya yg sudah masuk 10 bln, giginya sdh tumbuh 4
(diatas 2
dibawah 2)
dan sudah mau tumbuh lagi diatas 2...
untuk minum air putih, alin sudah dibiasakan menggunakan gelas
plastik
(khusus bayi)
dari usia 5 bulanan oleh neneknya, dan ia senang sekali bisa
minum
menggunakan gelas
karena kalau kita sedang minum, ia suka ingin ikut ikut :)
dan sekarang ini bahkan ia sudah bisa minum menggunakan gelasnya
dan
dipegang sendiri olehnya..
kalau untuk memberikan juice buah saya biasanya menggunakan botol
khusus
untuk juice buah (dotnya adalah sendok )
cuma yg selalu di ingatkan oleh nenek dan dsa nya, untuk mencegah
pertumbuhan gigi bayi menjadi tdk bagus spt : tonggos (maju ke
depan) jangan
pernah menarik dot dari mulut bayi saat ia sedang menjepitnya dgn
gusi
walaupun susu di botol tsb sudah habis, tarik pelan pelan atau
ajak bayi
bercanda sampai ia membuka mulutnya lalu baru ambil botol susu
tsb.
gitu aja kali yah...maaf kalau kepanjangan.

salam,
mamanya alin