maaf ya ibu..aku baru ngikutin topik ini....boleh tahu nggak di Jakarta
DayCare itu ada di mana....
terima-kasih
mama Juang

"renni" <[EMAIL PROTECTED]>
15/02/02 12:18
Please respond to balita-anda

        To:     <[EMAIL PROTECTED]>
        cc:
        Subject:        Re: [balita-anda] DayCare - Preliminary Survey

Anak saya disana sejak umur 4 bulan dan sekarang sudah 22 bulan. Selama
ini
saya mencoba memantau guru dan baby sitternya jug program-nya. Saya
berpendapat cukup baik ya Bu, apalagi di daycare ini juga ada 2 kelompok
play group (7.30 - 9-30) dan (10 - 12) setiap hari. Pada waktu bayi sudah
bisa duduk ,mereka akan digabung dengan anak anak play group dan duduk di
pinggir melihat mengikuti program play group. makin besar mereka akan
ikutan juga. Kalau menggambar, bermain dll yang tujuannya untuk melatih
kemampuan motorik halus dan motorik kasar akan diikut sertakan mulai anak
itu bisa.

Secara rutin 1 bulan sekali ada kunjungan ke berbagai tempat, misal
percetakan koran, pabrik roti, IPTN untuk nyoba pesawat, yang pada
prinsipnya untuk memperkenalkan pada anak anak bagaimana barang barang
yang
setiap hari ada kita pakai atau ada disekitar kita dihasilkan. SElain itu
ada hari ayah dan hari Ibu, dimana pada hari itu ayah / ibu akan bermain
bersama mereka, misal melukis bersama.

Kualitas guru cukup baik dan tidak terdiir dari 1 guru saja, yang rutin
ada
3 guru dan selama 1 minggu ada yang part time di hire sesuai bidang
keahliannya misal untuk bercerita (guru yang pintar menirukan bunyi
binatang). Saya kira yang part time ada 3 untuk selingan. supaya anak
tidak
bosan. KEmudian 1 minggu sekali hari jumat acara berenang, kebetulan di
daycarenya ada kolam renang. baby sitternya ada beberapa untuk membantu
Ibu
/ bapak guru pada waktu bermain, makan, mandi.

1 bulan sekali setiap hari sabtu, pengelola mengadakan diskusi tentang
perkembangan anak yang ditujukan untuk orang tuanya. program ini bayar
lagi, Rp. 12.000 termasuk makan siang dan snack. Pembicaranya Psikolog
yang
memang qualifed dibidangnya. Materi bahasannya berganti ganti, ada yang
mereka tentukan ada yang atas permintaan orang tua. Program yang pernah
ada
misal perkembangan emosi anak, anak susah makan, mengajak anak berbelanja,
disiplin anak, peranan ayah dalam perkembangan anak. Jadi ada ceramah
sekitar 45 menit selebihnya tanya-jawab, ini yang bisa berlangsung lama.

Yang saya bisa informasikan ini, mungkin ada yang terlewat akan saya
susulkan

Salam
Renni