From:   Pinky Guinaz [SMTP:[EMAIL PROTECTED]]
Sent:   Tuesday, 26 February, 2002 9:55 AM
To:     [EMAIL PROTECTED]
Subject:        RE: [balita-anda] Tdk Mau di Pispot

Mbak Dian,
dulu Mbak Dian melatihnya BAK dan BAB di pispot dan WC mulai umur berapa ?
Kalau Kennia (22 bln) dulu mulai saya latih BAK dan BAB didudukkan di
kloset
mulai 7 bulan (dg menggunakan tambahan kloset utk baby). Setiap bangun
tidur
pagi hari didudukkan di sana sambil ditemani diajak mengobrol otomatis dia
akan BAB. Utk BAK setiap 30-45 menit sekali kita dudukkan di kloset. Kalau
dia ngamuk waktu dibawa ke WC, saya bawakan mainan kecil dan ajak dia utk
(maaf) BAK sama-sama, dan dia mau tuh ikut-ikutan.
Sy pernah baca bahwa melatih anak terlalu dini ke toilet bisa membuat anak
menahan BAB dan BAK-nya. Tapi dulu Kennia juga masih sering ngompol dan BAB
di celananya sampai +/- 15 bulan.
Hasilnya mulai nampak waktu dia 16 bulanan, dia sudah bisa memberitahu
kalau
mau pipis/BAB. Skrg dia jarang sekali ngompol/BAB di celana (kecuali masih
ngompol kalau tidur). Tapi kalau disuruh pipis dan BAB di pispot dia memang
tidak mau. Pokoknya hrs di WC.
Mungkin kuncinya hrs ditelatenin membujuk dia sering-sering ke toilet
sebelum dia BAB /BAK.

Salam,
Pinky