        From:   Moi Tjin [SMTP:[EMAIL PROTECTED]]
        Sent:   Friday, March 01, 2002 4:18 PM
        To:     [EMAIL PROTECTED]
        Subject:        Re: [balita-anda] Bayi prematur-ASI

        Dear semuanya terutama Ibu Eny Lumbanbatu, Ibunya Rafi, Ibu Sari,
Ibu Siti
        dan Ibu Kania,

        Tadi pagi aku langsung telpon ke klinik laktasi Carolus dan langsung
datang
        ke sana jam 10.00 pagi. Di sana dipraktekkan langsung cara memijat
sampai
        mengrompres payudara juga cara memerah susu. Joya juga aku bawa dan
langsung
        diajarin menetek walau dianya sering nangis karena tidak biasa. Aku
        dinasehatin agar sabar dan jangan kawatir karena susu ASInya masih
ada dan
        mereka memberikan keyakinan bahwa ASI akan bertambah produksinya
asalkan
        kita sabar dan mengikuti saran mereka sbb:
        - minum air > 2 lt sehari
        - massage payudara 2 x sehari
        - bayi biarkan belajar menete walau dia akan sering nangis dan
menolak
        puting kita
        - setelah belajar menete, baru diberikan susu formula dgn cara
disendok (jgn
        pake botol agar bayi tidak bingung antara puting & dot)

        Setelah pulang dari sana, aku udah 2 x nih belajar memberikan ASI
pada Joya
        dan selama dianya disendokin formula sama suster, aku memerah susu
dgn
        tangan dan hasilnya lebih dari 10 cc (padahal pake pompa 1 hari - 2
        pompa - cuma dapet 10 cc). Rasanya senang banget deh!!!!!! Makanya
aku
        berterima kasih sekali terutama untuk Ibu Eny dan aku juga nyaranin
yg laen
        deh (khususnya Mamanya Alin) untuk segera telpon ke sana besok pagi.

        No. telp : 3904441 pswt 2271
        Praktek : Senin - Kamis: 07.00 - 13.00
                       Jumat: 07.00 - 11.00
                       Sabtu: 07.00 - 10.00

        Terima kasih sekali lagi kepada semuanya dan salam selalu,
        Mamanya Joya

        nb: Aku disuruh kontrol lagi Minggu depan