Kebetulan adik saya ( cewek ) juga mengalami kebocoran jantung ( 27 thn )
semenjak dari lahir.
Yang saya perhatikan dari adik adalah sering merasa cepat lelah, kadang
mandipun harus duduk, sering pusing dan sesak nafas, nafsu makan sedikit
saat badan tidak enak, sering tindihan ( sesak nafas ), tulang terasa ngilu,
dulu waktu kami masih SMP, saat saya tidur bareng, saya bisa merasakan detak
jantungnya, sangat berbeda dengan orang normal, emosi tidak stabil karena
aliran darah ke otak tidak lancar.
Alhamdulillah adik belum dioperasi karena biayanya sangat tinggi, yang saya
salut dia tidak pernah menyerah dengan kondisinya, apalagi dengan kuliah
dibidang kedokteran yang banyak hapalannya, setiap hari dia harus membawa
balsem untuk kerikan karena mudah masuk angin, dan sebaiknya memberitahu
kepada orang terdekat tentang penyakit tsb, krn adik sayapun sewaktu kuliah
terbuka dengan temannya bahwa dia tidak bisa naik tangga ( sampai
edemikian  ) sehingga harus banyak pengertian dari orang terdekat, saat ini
saja dia sedang PTT di daerah pedalaman kalimantan, rasanya saya was-was
banget, tapi akhirnya saya pasrahkan sama Allah semua sudah ada yang
mengatur, usaha dan berdoa insyaallah selalu kami lakukan.
Dulu pengobatan alternatif pernah dijalankan tetapi oleh sang terapisnya
tidak bisa karena memang sudah karunia dari Tuhan,
akhirnya kami mencoba secara spiritual semoga Allah memberikan yang terbaik
sambil menunggu operasi.

Saya juga pernah mendengar dari teman kalau keponakannya ( 3 bln prm )
menjalani operasi jantung karena bocor, sayang dia sudah pindah dari sini,
sehingga tidak bisa memberikan info lebih jauh.

Untuk makanan dan buku panduan mungkin netters yang lain bisa menambahkan ?
Yang jelas mbak jangan sampai kecapekan ( adik saya tidak boleh olah raga
semenjak balita sampai sekarang ).Dan mohon diingat bahwa perhatian lebih
harus diberikan.
Panjang banget  nih, cuma pingin berbagi cerita saja semoga teman mbak
Vienna  diberikan ketabahan oleh Tuhan yang pengasih.
O ya kalau perlu teman mbak Vienna boleh japri ke saya.

Salam
Dewi HK