Mbak Aria,
Anak saya Nixie dari lahir juga susah makan dan minum, tapi kalau lagi pas
tidur dia masih mau ngedot walaupun sering berhenti-berhenti (pokoknya
mesti sabar nunggu dia ngabis'in botolnya), jadi kalau bubur susunya masih
sisa biasanya saya masukkan ke dot dengan ditambah air putih sedikit biar
agak encer dan diberikan waktu Nixie tidur, lubang dotnya saya perbesar
sendiri, habis itu saya beri air putih sekitar 30 cc.
Kalau pas dia lagi bangun saya menyuapi susu/bubur sambil berusaha menarik
perhatiannya dengan ngajak dia berbicara dan menyanyi. Posisi makannya juga
tidur dengan kepala diganjal bantal agak tinggi/ ditaruh dikursinya dengan
posisi agak tidur, soalnya kalau tidak tiap kali disuapkan akan dikeluarkan
lagi dengan lidahnya. Kalau dia sudah bosan dan merengek, saya berhenti
dulu sebentar sambil ngajak jalan-jalan baru dilanjutkan lagi tapi kalau
dia sudah nangis ya terpaksa saya hentikan dan nunggu dia tidur. Satu porsi
bubur nestle dihabiskan dalam waktu 2 jam.
Pokoknya harus ekstra sabar deh, untunglah sekarang 6 bulan kurang 5 hari,
beratnya 7,4 kg itu pun cuma naik 2 ons dari bulan lalu gara-gara flu dan
diare.
Oh ya, kata DSA susu hanya boleh diberikan sampai 3 jam, kalau udah lebih
harus dibuang.
Untuk kebutuhan bayi akan susu ada rumusnya : (bb x 100) + (20% x bb x 100)
tapi kalau misalnya sudah makan bubur bisa dikurangi.
Contohnya kalau bb Icha 5,7 berarti dia butuh susu minim 684 cc, kalau
dibagi untuk 6xminum berarti setiap minum butuh 114 cc. Kalau makan bubur
susu satu kali berarti mbak bisa kurangi satu jatah minumnya.

Gitu deh... panjang ya... :) semoga berguna.

Yang saya sekarang juga bingung tuh 5 hari lagi saya mau beri Nixie nasi
tim saring, apa bisa ya diberikan dengan posisi tidur? apa tidak membuat
tersedak?

Salam,
Monica