Saya petik dari koran Pikiran Rakyat yg terbit hari ini, mudah-mudahan
bermanfaat.

Ada Boraks & Detergen dalam Gula Merah

HATI-HATI terhadap gula merah yang Anda beli! Beberapa bulan lalu, saya ke
daerah Garut Selatan, tempat yang terkenal sebagai penghasil gula merah
untuk dijual ke Bandung atau mungkin juga sampai ke daerah lain yang lebih
jauh. Ternyata, lahang (nira) sebagai bahan gula merah dicampur dengan
boraks atau detergen bubuk. Kira-kira satu sendok makan per 10 liter nira
atau mungkin lebih(?). Maksudnya agar gula merah itu penampakannya bagus.
Maklum gula yang dihasilkan kadang hitam, kusam, sehingga harga jualnya
rendah. Untuk meningkatkan berat gula yang dihasilkan, kadang ditambah juga
dengan abu bakar halus.

Ciri-ciri lain gula merah yang memakai boraks atau detergen bubuk yaitu
gulanya sangat keras (susah dibelah) dan terlihat butiran-butiran mengkilap
di bagian dalam gula. Sedangkan yang memakai abu, akan tersisa endapan abu
bila gula itu dicairkan.

Hal tersebut sebenarnya telah dilakukan mereka sejak empat tahun terakhir
dan sudah bukan rahasia lagi. Namun sampai sekarang praktek-praktek tersebut
masih saja berlangsung. Entah ada atau tidak upaya yang dilakukan aparat
setempat untuk menyadarkan mereka.

Alangkah mengerikannya, bila ini dibiarkan. Gula merah selain bumbu dapur,
juga bahan penting pembuatan kecap, dodol, cendol, wajit, rujak, permen
susu, dll. Disangkanya lebih alami, ternyata mengandung bahan kimia yang
membahayakan kesehatan, di antaranya dapa menyebabkan kanker. Untuk itu saya
berharap pada pemerintah, kepolisian, Pengawas Obat dan Makanan untuk segera
menindaklanjuti hal ini. Mungkin bukan hanya di daerah Garut Selatan, tetapi
di daerah-daerah lain. Siapa tahu praktek-praktek yang sama dilakukan
pembuat gula merah di tempat lain.

Untuk kita sebagai konsumen, lebih baik berhati-hati, atau kalau mungkin
memboikot untuk tidak menggunakan gula merah sebagai pemanis, sebelum
benar-benar kasus ini ditangani dengan serius oleh pemerintah sehingga para
pembuatnya sadar akan perbuatannya yang membahayakan orang banyak itu.

Send and receive Hotmail on your mobile device: http://mobile.msn.com