Dear netters sekalian,

Anak saya sudah hampir 12 bulan dan masih mau menyusu
ASI. Tapi ASI saya sudah sedikit sekali, cepat sekali
kosong kalau dia menyusu. Kadang dia suka marah-marah.

Saya ingin menyapih setelah lewat 1 tahun.
Pertanyaannya, bagaimana cara yang benar untuk
menyapih ASI, padahal ASI masih keluar walaupun
sedikit. Kalau tidak menyusui dalam 24 jam, payudara
masih terasa kencang. Apakah kondisi ini tidak
berbahaya (apakah rasa kencang akan hilang sendiri
bila dibiarkan tidak menyusui, atau ASI harus
dikeluarkan dengan tangan?). Ada yang bilang kalau
masih keluar ASI, bisa menyumbat di payudara bila
tidak menyusui.

Terima kasih sebelumnya.

Mama Icha