Dear Parents...
anak saya usianya 4 bulan, belum bisa duduk tetapi udah  bisa ngangkat kepala dan
pundaknya seperti mau duduk. untuk usia seperti ini, boleh ngga menggunakan kereta
bayi yg duduk (yang kalo dilipat jadi sebesar payung..). Soalnya kereta bayi yg biasa
kurang praktis untuk dibawa jalan-jalan.. Ada dampaknya ngga buat perkembangan
tulangnya dikemudian hari..
Txs B-4....
Enya
  ellyza jatmiko <[EMAIL PROTECTED]> wrote: Bu, nambahin info ya....

sebelum berangkat sebaiknya ibu minta salinan riwayat kesehatan dan imunisasi anak ibu
ke dsa-nya di indonesia. Setelah sampai di negara baru, sebaiknya putri ibu segera
dibawa ke dsa untuk konsultasi, ibu bisa konsultasi tentang pengaruh lingkungan baru
ke anak ibu - mungkin ada perbedaan musim, atau kalau anak ibu sudah cukup besar, bisa
ditanyakan juga tentang masalah sosialisasi dengan lingkungan baru- jadwal imunisasi,
bagaimana kalau ada keadaaan darurat, termasuk hari libur panjang, dsb. Pengalaman
saya di dsa baru juga kita bisa tanya tentang penitipan anak, play group, tempat
terapi, dan segala yang berhubungan dengan anak. Sekalian waktu konsultasi salinan
riwayat kesehatan dan imunisasi dibawa. Pengalaman saya, data dari salinan riwayat
kesehatan dan imunisasi akan langsung dipindahkan oleh dsa di negara tujuan ke
dokumen/buku anak yang baru sesuai yang berlaku di negara tujuan.

Umumnya jenis imunisasi yang diberikan hampir sama di semua negara, tapi waktu
pemberiannya agak beda dengan di indonesia. Begitu melihat salinan imunisasi yang
sudah diberikan di Indo, dsa baru akan memberikan informasi kapan saja anak ibu akan
di imunisasi lagi.

salam,

Bunda Sharira