Perkiraan waktu kelahiran itu banyak faktornya: Ketepatan tanggal pertama
terakhir menstruasi, periode/cycle waktu menstruasi (ada yang 25-35 hari
bahakan tidak berarturan).. paling susah kalau yang tidak beraturan itu
periodenya.. jadi hanya perkiraan. Disaping itu seperti kata yang lain, juga
bisa dihitung dari besar lingkar kepala serta perkembangan janin untuk
menentukan umurnya. Sedangkan menjelang hari kelahiran akan ketahuan apakah
bayi sudah masuk jalan lahir dlsb..

Selang waktu perkiraan biasanya bisa saja seminggu lebih cepat atau seminggu
lebih lambat.. tapi ya itu tadi.. tergantung perkiraannya didasarkan data
yang mana.. paling sip sih kalau bapak/ibu tahu kapan tanggal
"pembenihannya", cuman kan susah, jadi ya paling sip kedua kalau tahu
rentang masa subur.. kalau nggak ya itu tadi.. ke tanggal menstruasi, lalu
diperkirakan dengan siklus haid.. untuk memperkirakan masa subur... namanya
kira-kira ya bisa jadi beda-beda dan berubah.. kalau kita nggak bilang kalau
siklus haid ternyata gak normal atau lama misalnya, biasanya dokternya
ngitung pakai siklus haid rata-rata.. biasanya tanggal yang lebih cepat
tadi.. lalu kalau dilihat lingkar kepala si bayi bisa beda lagi
perkiraannya.. kalau bingung jangan dipendam saja.. tanyakan ke dokternya..
pasti dia akan menjelaskan kenapa yang sebelumnya dikira tanggal sekian lalu
kok berubah.. dokter kan pasiennya banyak.. wajar kalau dia lupa riwayat
haid istri Bapak misalnya.. jangan bosan mengulang info yang diperlukan..
kalau masih tidak nyaman silakan test USG ke dokter lain..

Saya sendiri waktu melahirkan pertama sempat diperkirakan tanggal
melahirkannya pertengahan September.. tapi setelah saya jelaskan kalau
siklus haid saya agak lama dan dokter mengecek perkembangan janin juga,
akhirnya dihitung lagi dan diperkirakan awal Oktober.. dan ternyata benar..
hanya beda 3 hari dari perkiraan terakhir... yang penting tenang deh Pak..
sebaiknya berpikiran positif..  semoga sekarang sudah lahir ya Pak..