fyi
= = = = = == =

Nahl] Konsultasi Halal 4 - Obat batuk haram ? {01}

Obat Batuk Haram ? Dan Daftar obat batuk beralkohol
Konsultasi Halal 4 : Dengan Dr. Ir. H. Anton Apriyantono
Sabtu, 28 Safar 1423 / 11 Mei 2002

Assalamu'alaikum Wr. Wb
Anak saya terkena batuk dan dokter memberikan
obat batuk PROMEDEX interbat, Sidoarjo,
Komposisi nya sbb, mohon maaf kalau salah nulis
Prometazin Hcl...............................5mg
Dekstromeporfan Hbr.....................5mg
tingturi Peka...................................0.1 ml
Glisril Guaiakolat.............................50 mg
Natrium Sitrat..................................197 mg
Mentol............................................1 mg
Etil Alkohol.....................................3.5 %
Halalkah obat batuk ini ?
Kalau haram kenapa mohon penjelasan sejelas-jelasnya agar saya bisa
menjelaskan kepada keluarga, teman, apoteker dan juga dokter
bila saya berobat lagi ?

Setiap saya berobat saya selalu minta obat yang halal pada dokter
dan juga pada apotik dimana saya menembus obat.
Tapi kadang masih juga diberikan obat yang haram.
Sejauh mana sosialisasi MUI, Yayasan Halalan Thoyyiban (YHT)
dan juga Indohalal.com ini Kepada para produsen, Dokter dan juga
Pada Apoteker dalam hal obat-obatan, terutama yang dikonsumsi.

Soalnya banyak sekali obat sirup yang beredar di pasaran bebas.
Dimana tidak ada lebel halanya dan mengandung alkohol.

Atas jawabannya saya ucapkan Jazakumullahu kairan katrisa

Wassalamu'alaikum Wr. wb
Ummu Naufal
Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Sayang sekali obat batuk PROMEDEX yang diberikan dokter mengandung etil
alkohol (alkohol) sebesar 2.5%.  Berdasarkan ketentuan yang diberikan oleh
komisi fatwa MUI bahwa minuman keras adalah minuman yang mengandung
alkohol minimal 1% maka seharusnya obat batuk tidak mengandung alkohol lebih
dari 1%, jika lebih dari 1% maka dikhawatirkan akan bersifat memabukkan.
Seperti diketahui khamar definisinya adalah segala sesuatu yang dikonsumsi
yang
bersifat memabukkan.  Di sisi lain, obat batuk yang kadar alkoholnya dibawah
1% atau tidak mengandung alkohol sama sekali juga sudah cukup banyak
tersedia.
Yang berbentuk bukan sirup pun tersedia.  Oleh karena itu, tidak ada alasan
untuk
memilih obat batuk yang kadar alkoholnya lebih dari 1%.  Kalaupun alasannya
hanya diminum dalam jumlah sedikit, maka hukum syariah menetapkan bahwa jika
banyaknya memabukkan maka sedikitnya juga haram.  Pada daftar obat dibawah
dapat dilihat daftar obat batuk sirup yang mengandung alkohol.

Saya kira masing-masing lembaga yang bertugas dalam masalah kehalalan telah
berusaha semaksimal yang mereka mampu, hanya saja perlu disadari bahwa
sosialisasi masalah halal ini memakan waktu panjang dan memerlukan usaha
keras serta perlu didukung oleh seluruh lapisan masyarakat.  Oleh karena
itu mari secara bersama-sama kita sosialisasikan masalah halal ini sesuai
dengan kemampuan masing-masing.

Wassalam Wr. Wb.
Anton Apriyantono

Daftar obat setelah perbaikan (1 jan' 2002) :
DAFTAR OBAT SYRUP YANG MENGANDUNG
ALKOHOL (ETANOL)
sumber data : ISO - Indonesia, edisi farmakoterapi,
volume XXXIII-2000
==================================
Nama Paten Pabrik Farmasi Kadar Etanol
==================================
1. Alpara syrup Molex Ayus 8 %
2. Alphamol syrup Molex Ayus 6 %
3. Farinflu syrup Ifars 5 %
4. Fevrin syrup Ponco 10 %
5. Fevrin drops Ponco 10 %
6. Sanmol syrup Sanbe Farma 7 %
7. Alphadryl syrup Pharmax Apex 5 %
8. Benadry DMP syr Parke Davis 3 %
9. Benadryl CM syr Parke Davis 5 %
10. Bufugan Syrup Bufa Aneka 0.45 %
11.Cendonadryl syr Cendo 5 %
12. Decadryl syrup Harsen 5 %
13. Eksedryl syrup Ethica 5 %
14. Hufadryl syrup Gratia 1 %
15. Inadryl syrup Interbat 5 %
16. Kemodryl syrup Phytokemo Agung 5 %
17. Koffex syrup Dumex Alpharma 5 %
18. Niteflu syrup Konimex 14.4 %
19. Niriton syrup Phapros 5 %
20. Nipe drops Asta Medica 10 %
21. OBB syrup Temposcan Pasific 10 %
22. Ometridryl syrup Mutifa 5 %
23. Panadrop syrup IPI 9.26 %
24. Paradryl syrup Prafa 5 %
25. Ramadryl At syrup Rama Farma 3 %
26. Ramadryl Eks syr Rama Farma 5 %
27. Rhinodin Syrup Therafarma M 10 %
28. Sakadryl syrup Saka Farma 5 %
29. Sanadryl syrup Sanbe Farma 3 %
30. Sanadryl Plus syrup Sanbe Farma 3 %
31.Sanaflu syrup Sanbe Farma 10 %
32. Suwaryl syrup Kaliroto 5 %
33.Yekadryl syrup Yekatria Farma 5 %
34. Tuxyl syrup Eks. Kaliroto 5 %
Resume , Kadar alkohol (etanol) :
- tertinggi : Niteflu syrup - Konimex : 14.4 %
- terendah : Bufugan syrup - Bufa Aneka : 0.45 %

wassalam,
Mas Ahmad Yasa

Kirim email ke