Papanya Akbar,

Anak saya, Alifa (sekarang 3 tahun) waktu seumur Akbar juga susah makan
nasi, jadi setelah konsultasi dengan DSAnya saya ganti dengan mie,
spaghetti, misoa, roti, kentang, pokoknya sumber karbohidrat lain. Atau
nasinya saya bikin kaserol (seperti pastel tutup kentang tapi dari nasi)
atau lontong isi, bacang dll. Memang tiap anak (sama seperti kita) punya
"preference" masing-masing untuk makanan yang disukainya.

Tapi ngemil saya batasi, hanya setelah dia mau makan makanan utamanya baru
boleh tambah "cemilan" seperti biskuit kalau dia minta, itupun tidak banyak
1-2 keping saja, supaya tidak penasaran. Menurut DSAnya, anak-anak jangan
dibiasakan ngemil di antara jam makan, kecuali buah.

Alhamdulilah manjur, dan sekarang cara yang sama juga sedang saya terapkan
ke adiknya (1,2 tahun) yang kelihatan mulai bosan makan nasi.

Kalau saya perhatikan, anak-anak itu sebenarnya bosan makan sesuatu yang
sama setiap hari, dan selalu bersemangat kalau mau coba sesuatu yang baru,
apalagi kalau tampilannya menarik, itu sebabnya junk food jadi favorit sebab
tampilannya kan lebih atraktif dibanding makanan rumah. Jadi mungkin mamanya
Akbar musti sedikit repot berkreasi dengan menu dan tampilan supaya Akbar
mau makan nasi.

Semoga berhasil, maaf kalau terlalu panjang.

Bundanya Alifa & Basma