Ibu Dian dan teman2 semua...

Memang, metode Glenn Doman tsb terkesan menghafal.
Dan MEMANG menghafal.
Bedanya, dg melakukan flashing thd kartu tsb dg cepat
(1 kartu/detik), yg digunakan utk menghafal/menyerap
adalah OTAK KANAN.

Sedangkan biasanya, kita/anak mengingat menggunakan
otak kiri yg kemampuannya sangat terbatas.
Contohnya, jika saya katakan no.telp. saya adalah
87946235, apakah bisa langsung ingat ?
Biasanya akan sangat sulit utk langsung bisa mengingat.

Sedangkan otak kanan mempunyai fungsi utk mengingat
dan menyerap informasi dg kecepatan tinggi dan dalam
jumlah yg SANGAT besar. Istilahnya, otak kanan menggunakan
photographic memory dlm menyerap info.
Selain itu, otak kanan mampu melakukan automatic
processing yg sangat cepat thd bentuk/pattern dr
info yg diserapnya.

Artinya, jika flashcards dilakukan dg benar, infonya tidak
masuk ke memory otak kiri, tetapi ke memory otak kanan.
Otak kanan kmd akan menganalisa bentuk dari info tsb.
Jadi, dia akan tahu secara otomatis bgmn sebuah kata
itu dibentuk dari huruf2.

Banyak contohnya.
Tahun lalu teman kita di milis ini juga ada yg cerita
bgmn anaknya tiba2 bisa membaca kata "kijang"
di merk mobil, walaupun tidak pernah diajarkan.
Ternyata anak tsb pernah ditunjukkan kata 'jangkrik'
dan... 'kaki' (kalau tidak salah... saya lupa yg satunya ini).
Dari situ anak secara otomatis tahu bahwa kata2 terdiri
dari suku kata dan kombinasi huruf.

Pengalaman saya sendiri dg Rihan, awalnya saya tidak
yakin dia bisa baca atau tidak. Tetapi,
waktu saya ajak ke supermarket, tiba2 dia baca
kata2 jepang yg ditulis dg huruf romawi, "TAKO YAKI".
Padahal saya tidak pernah mengajarkan kata2 tsb
dg huruf romawi, tapi hanya dg hiragana (bhs jepang).
Dari situ saya yakin bahwa ternyata Rihan bisa baca
huruf romawi. Setelah itu, saya tahu, dia bisa lancar baca.
Tetapi, kalau mis. saya tunjukkan tulisan, kmd
saya tanya, "Rihan, ini bacanya apa ?", dia pasti
bilang "Enggak tahu..".
Saya baru sadar, seperti kata buku2, anak paling
tidak suka di-test. Habis itu saya jarang sekali
nge-test kecuali situasinya memungkinkan Rihan
mau di-test.

Di sekolah Shichida, saya melihat bgmn anak2 SD
mampu membaca 1 jilid buku hanya 3-5 menit saja,
dan dia tahu persis apa isi buku yg dibacanya.
Menurutnya, dia seperti memotret tiap2 halaman
buku tsb, dan ketika ditanya, dia akan membuka
tiap2 halaman bukunya di dalam otaknya utk mencari
jawabannya dg cepat.

Oya, banyak yg menanyakan metode Shichida ini,
intinya sama dg metode Glenn Doman, tetapi dia
tidak melakukan pengulangan. Misalnya, kalau
Doman melakukan flashing dotcards-nya diulang2
utk angka yg sama, tetapi utk Shichida dotcardsnya
hanya di-flashing satu kali utk tiap2 urutan angka.

Syaratnya, anak harus benar2 dalam keadaan rileks.
Jadi sebelum bermain kartunya, anak diajak mainan
yg membuat dia rileks dan juga mendengarkan musik
klasik. Kmd, Ibu/ayahnya juga harus dalam keadaan
rileks, tidak ada perasaan terburu2 atau memikirkan
hal lain.  Biasanya, keadaan ini yg sulit dicapai, krn
anak yg tidak terlatih sejak kecil akan cukup sulit
utk dibuat tenang.
Jika anak suka buku gambar, bisa dimulai dari
baca2 buku dulu.

Sekian dulu, semoga bermanfaat.

salam,

Taufan
Ingin meningkatkan kecerdasan anak balita anda ?
Kunjungi www.balitacerdas.com
Atau, kirimkan email kosong ke :