From: [EMAIL PROTECTED] [mailto:[EMAIL PROTECTED]]

Sent: Wednesday, June 12, 2002 8:24 AM
To: [EMAIL PROTECTED]
Subject: Re: [balita-anda] Sakit saat menyusui

Pak Budhi,
saya juga seperti itu pada bulan pertama menyusui. Ternyata itu disebabkan
karena 'salah posisi' menyusui. Saking parahnya, puting susu saya sampai
lecet dan berdarah, hingga akhirnya produksi susu juga berkurang karena
adanya keengganan menyusui. Setelah saya ke klinik laktasi, kejadian seperti
itu tidak terulang lagi karena di klinik tersebut kita diajarkan cara
menyusui yang benar. Ternyata posisi itu sangat mempengaruhi produktivitas
dan kelancaran ASI juga, secara tidak langsung. Karena tidak merasakan nyeri
ketika bayi mulai menyusui maka kita juga jadi rileks dan nyaman. Biasanya
nyeri itu terasa ketika setiap permulaan menyusui, ketika bayi mulai
menghisap.

Katanya sih, posisi menyusui akan berpengaruh pada jatuhnya rahang dan lidah
bayi pada puting susu kita. Kalau posisinya benar, ASI akan keluar lebih
lancar dan tidak menyebabkan puting susu terluka. Kalau posisinya
salah,.....waaaa....., jangan ditanya deh sakitnya seperti apa...!!!