Dear Netters,

Ada yang bisa bantu saya ?
Saya harus mulai bekerja lagi setelah cuti melahirkan, tapi saya kesulitan
menjadwal susu formula pada anak saya Emery (2,5 bulan), selama ini saya
kasih sekitar 30 ml (dari satu sendok peres) untuk setiap satu jam, kalo
dia tidur sampai 2-3 jam, saya kasih  jadi 60 ml. saya berikan ASI sebelum
dan sepulang saya kerja juga sampai menjelang anak saya tidur.jadi selama
saya dikantor anak saya minum susu formula.

Pernah ada kejadian, saya menitipkan anak saya sebentar (hanya setengah
hari), dengan memberitahukan takaran susunya. Ternyata setelah saya pulang
saya terkaget-kaget, anak saya terus menerus muntah susu dan setiap
muntahan kuantitasnya banyak, sampai lemas (diam dengan mata setengah
tertutup), ternyata anak saya kekenyangan, katanya anak saya terus minta
minum (ditandainya dengan menyentuh bibirnya), saya sampai bingung, takut
dia kekurangan cairan, karena terus menerus muntah, mau disusui takut
muntahnya makin banyak. Kapok dengan kejadian itu saya terpaksa menjadwal
susunya.

Yang ingin saya tanyakan, apa sudah benar jadwal yang saya terapkan
sekarang (karena bayi saya termasuk yg kuat nyusu) sebenarnya gimana sih
jadwal yang baik memberikan anak susu formula juga berapa takarannya ?

Trus anak saya sejak dari lahir kalo tidur malam sekali, tidur normalnya
paling cepat mulai jam 22.30 baru bangun sekitar jam 08. pagi, kadang malah
ngajak begadang, subuh baru mau tidur tapi sama sekali enggak rewel cuma
maunya ngempeng diteteki sambil dikeloni atau malah cuma ngajak main, kalo
kata orang tua dulu bayi memang kadang2 seperti itu, nanti hilang sendiri.
tapi kalo begadang melulu ya habis juga tenaga saya.

Ada yang bilang bayi saya salah pola makan, sehingga suka begadang, katanya
3 jam sebelum bayi tidur sudah tidak boleh diisi apa-apa lagi jadi enggak
ngajak begadang (Lha gimana anak saya mau tidur kalo perutnya lapar ? )

Ada enggak yang bisa bantu saya kasih tau jadwal memberikan formula yang baik.

Ada lagi, anak saya jarang bisa sendawa (jadi sering gumoh=muntah, trus
cegukan) saya sudah coba berbagai cara (posisi tepuk duduk, gendong dibahu,
ditelungkupkan) selama 15 menit atau lebih, tapi koq tetap enggak sendawa ya ?
ada cara lain enggak sih ? atau sayanya yg kurang telaten ?

Emery's Mom