----- Forwarded by Maya Meilani Hutagalung/LI/Corporate/Lyman on 06/21/2002 12:01 PM -----

Note: tolong sampaikan ini pada teman-teman Anda yang memungkinkan. thanks.

Salam perdamaian untuk semua,
    Nama panggilanku VIPO, umurku sudah 7 tahun. Aku anak bungsu dari 3 bersaudara. Mas Adit sudah kelas 1 SMU, mas Rio kelas 4 SD, aku baru kelas 1 SD. Kami keluarga biasa aja. Tapi, kami bertiga bangga lho dengan keluarga ini.
    Sejak umur 10 bulan, kata eyang dokter aku mengidap penyakit THALASEMIA MAYOR (bisa dicek di RSCM PAV TUMBUH KEMBANG). Namanya cantik, ya. Tapi menurut eyang dokter, penyakit itu sampai saat ini belum diketemukan obat dan cara pengobatan yang bisa menyembuhkan. Penyakit ini adalah penyakit kelainan pada darahku. Kalau orang normal, siklus darahnya 120 hari sedang aku baru 2 mingguan sudah pecah. Jadi, yang bisa memperpanjang hidupku adalah transplantasi sumsum tulang belakang dan transfusi darah.
Kalau transplantasi sumsum tulang belakang, wah !! rasanya kedua orang tuaku nggak mungkin sanggup. Rumah kami aja masih belum lunas (KPR BTN type 36). Apalagi ayahku sudah nggak aktif lagi bekerja (PHK), sudah berusaha wiraswasta sih, tapi gagal malah pernah ditipu sama mitra kerjanya,hanya mamaku yang pontang panting sendirian. Kasihan, mamaku !!
    Selama ini (sejak aku mengidap penyakit itu), orang tuaku memaksaku minum jamu rebusan setiap hari pagi - sore, rasanya pahiiiit (pengobatan alternatif - kata mamaku jamu ini juga mahal, harganya nggak tentu tergantung kondisiku pada saat periksa tapi yang jelas ratusan ribu rupiah) dan transfusi darah kira-kira 450 - 600 cc tergantung berapa Hb(haemoglobine)-ku saat itu. Biasanya kalau HB-ku sudah berkisar 6 - 7 (normalnya 13 - 16), aku pasti ditransfusi. Nyeri memang rasanya ! Tapi HARUS kalau aku mau hidup lebih lama, kata mamaku.
Sampai hari ini, aku masih satu bulan satu kali, padahal temenku yang sebaya aku dan berpenyakit sama seperti aku, sudah satu bulan lebih dari satu kali.
    Kalau aku melihat usahanya kedua orang tua membuat aku sehat seperti temen-temen yang lain (ya beli jamu, transfusi dll, ya berdoa),pengen juga sih aku nggak minum jamu atau transfusi. Tapi, aku nggak mau mati cepet-cepet (walaupun kata mas Adit, kalau matinya masih kecil, akan jadi malaikat). Aku masih pengen main sama mas Adit, mas Rio juga temen-temenku yang lain seperti Inas, Ike, Steven, Aji, Risdo, Johsua yang saya sama aku.
Bapak, Ibu, Oom, Tante yang aku hormati,
    Biaya yang dikeluarkan mamaku untuk aku, sangat banyak !! Setiap kali transfusi mamaku harus mengeluarkan uang kira-kira Rp. 2 jutaan. Selain transfusi, eyang dokter juga memberi aku obat - namanya DESFERAL, obat ini tugasnya mengikat zat besi yang banyak terdapat dalam darahku (hasil transfusi). Kalau aku tidak diberi desferal, zat besi akan nempel terus menerus sampai numpuk dan akhirnya merusak organ tubuhku yang lain seperti ginjal, jantung atau limpa. Sebenarnya, limpaku sekarang juga sudah mulai bengkak. Malah kata eyang dokter, nanti kalau aku sudah gede - limpanya pasti dibuang. Karena pasti sudah tidak berfungsi dengan baik, daripada malah merusak yang lainnya.
Nah, obat desferal ini juga mahal banget. Kata mama, harga satu ampul (5mg) Rp. 110ribu, padahal aku setiap hari perlu 2 ampul selama 20 hari (40 ampul dalam sebulan). Bayangin aja, mamaku harus mengeluarkan uang lagi untuk obat desferal ini. Belum lagi aku (terutama) harus makan dengan makanan bergizi tinggi dan minum jamu (pasti !).
Semua pengobatan ini harus terus-terusan sampai aku dipanggil Tuhan.  Padahal aku tau banget, biayanya gedeee ... tapi aku juga masih pengen hidup lamaaaa, supaya bisa sekolah seperti mas Adit dan mas Rio, bisa main seperti temen-temenku.
    Maka dari itu, mau khan Bapak-bapak, Ibu-ibu, Oom-oom juga Tante-tante membantu aku supaya aku bisa hidup lebih lama ?
BERAPAPUN PASTI AKAN SANGAT BERGUNA UNTUK MEMPANJANG HIDUPKU.
Terima kasih Bapak, Ibu, Oom, Tante, sudah mau membaca jeritan hatiku ini. SEMOGA TUHAN MEMBALAS SEMUA KEBAIKAN DAN KEIKHLASAN Bapak, Ibu, Ooom, Tante sekalian.

Salam - VIPO (fotoku di bawah ini)
mamaku: CAECILIA (0818 114509)
           BCA CAPEM TEBET BARAT - JAKARTA
           A/C NO. 496-000545-2