Pak Joko ...
Kalau menurut ketentuan pendidikan di Indonesia sih sepertinya play group itu mulai
dari 2-4 tahun, sedangkan TK 4-6 tahun. Hal itu saya ketahui dari gurunya anak saya.
Kebetulan anak saya mulai play group sejak usia 1.5 tahun dengan harapan tidak
muluk-muluk dan tanpa target apa-apa Cuma agar anak belajar saya bersosialisasi,
bermain serta belajar berani. Dan karena saya juga ibu bekerja yang tidak bisa
mengajari dan mengawasi anak sepanjang hari, maka ada tujuan sampingan yaitu agar si
baby sitter bisa ikut belajar bagaimana mengajari anak saya dengan benar. Saya titip
keduanya pada semua ibu guru yang ada dan saya wanti-wanti untuk tidak pernah memaksa
anak saya melakukan sesuatu yang belum waktunya.

Hasilnya, sampai saat ini (agustus nanti usianya baru 3 tahun) anak saya masih di
playgroup tapi sudah playgroup B sampai nanti 4 tahun. Dan Alhamdulillah dia jadi
banyak teman, senang pergi sekolah (kalau libur malah maksa pengen sekolah), bisa
mengikuti apa yang diajarkan ibu guru, sangat antusias ikut kursus
menari-menyanyi-main piano-melukis yang ada di sekolah, dan kemampuannya bertambah
banyak sekali.

Tapi memang pak ... tiap anak berbeda!!! Jadi mohon juga dimonitor apakah memang si
anak berminat sekolah pada usia tsb. Lebih baik coba free trial dulu selama beberapa
kali baru membuat keputusan. Jangan pernah memaksa si anak ...

Demikian, semoga membantu dan maaf kepanjangan.

Mamanya Nadira.