From: Dessie Natasha [mailto:[EMAIL PROTECTED]]
Sent: Thursday, July 04, 2002 2:19 PM
To: [EMAIL PROTECTED]
Subject: RE: [balita-anda] Obesitaskah ?

Hallo Mbak,
Untuk anak umur 13,5 bulan, berat 13,2 memang tinggi besar ya?
Tapi sebagai perbandingan, anak saya usia 21 bulan, tinggi 91 cm, berat 18
kg. Anak saya memang kelihatan besar, tapi nggak sampai gemuk
berlipat-lipat, dan juga sangat aktif bergerak.

Menurut dokternya sih anak saya tdk kegemukan, karena berat badannya
seimbang dengan tingginya yang memang sedikit diatas rata-rata anak
seusianya. Biasanya yang ukuran tinggi dan beratnya segitu adalah anak 3
tahunan.
Kalau anak Mbak Heni umur 13.5 bulan tingginya sudah 85 cm, berarti memang
tingginya juga diatas rata-rata anak seumurnya.

Anak saya juga minum susunya ga terlalu banyak, sehari paling 2-3 botol susu
(@ 120cc).
Menurut DSA anak saya, anak usia 1 tahun ke atas tidak usah diberi susu
terlalu banyak, karena susu bukan lagi minuman pokok melainkan minuman
penunjang/penyempurna. Makanan utamanya sekarang ya makanan 4 sehat lima
sempurna. Kalsium dalam susu kan juga bisa didapat dari kacang-kacangan,
ikan, etc.

Tapi kalau mbak khawatir, bisa saja anak mbak dibawa ke dokter anak lain,
untuk mencari second opinion.

Salam

Ibunya Zalfa