Apa kabar bundanya Kristo? apa buah hati ibu sudah
sembuh dari batuk dan pileknya? semoga hanya influenza
biasa dan sudah sembuh.

Sebelumnya maaf karena saya baru bisa ikutan cerita
saja setelah hampir sebulan masalah ini dibahas.
Kebetulan sekali saya baru baca e-mail ibu hari ini
setelah 1 bulan saya cuti karena menunggui anak kami
(Tio, 9 bulan) di rumah sakit.

Gejala pertama hanya panas tidak terlalu tinggi, hari
kedua dia ternyata pilek dan hari keempat baru batuk2
rejan dan terdengar agak berat.  Dihari kelima Tio
panas lagi sampai 39 C, dan muntah2 cukup banyak.
Selang sekian detik stlh muntah2 Tio mengeluarkan
suara spt "uuhh... uuhh... uuhh..." (tanpa menangis),
akhirnya langsung kami bawa saja dia ke DSAnya.
Setelah diperiksa oleh DSAnya ternyata Tio harus
segera dibawa ke RS karena mengalami sesak nafas.
Sesampai di RS, UGD menyarankan agar Tio segera
dirawat di PICU (ICU untuk anak) karena mengalami
sesak nafas yang parah sehingga perlu perawatan
intensif. Setelah diperiksa oleh dokter PICU, betapa
shocknya saya karena dokter mengatakan bahwa Tio
terkena radang paru-paru akut akibat kuman yang
bernama BRONKOPNEUMONIA, dari hasil rontgen-nya
ternyata paru2 kiri Tio sudah memutih akibat lendir
yang dihasilkan oleh kuman tsb. dan sedikit di paru2
kanannya.

Menurut DSAnya, karena sudah akut, Tio harus terus
diberi antibiotika kelas berat dan berdosis tinggi
(kalo nggak salah tulis namanya Targosyd & Meronem).
Setelah sekian hari sesak nafasnya hilang, dan
dirontgen ulang ternyata di paru2nya terdapat rongga
udara yang mengakibatkan paru2 kirinya tidak dapat
berkembang dengan baik dan sedikit menekan jantungnya,
keadaan tsb dinamai PNEUMOTHORAX. Satu2nya cara untuk
mengeluarkan udara di paru2nya, Tio harus operasi
untuk memasang alat WSD (Water Sealed Drainage).

Demikian sampai sekitar 3 minggu Tio berada di PICU,
Alhamdulillah skg dia sudah baik walaupun belum pulih
100% spt keadaannya sebelum sakit, yang jelas skg
paru2nya sdh berkembang dg baik.

Intinya, Bapaks & Ibus sebaiknya tidak menyepelekan
batuk-pilek pada bayi & anak, karena saat ini kuman
sangat beragam. Apalagi kalau tidak sembuh2 dalam
waktu yg agak lama, sebaiknya dikonsultasikan di DSA
spesialis paru-paru.

Thanks sdh baca cerita saya.

Ibunya Pandhu & Tio
--- Meilanie Buitenzorgy <[EMAIL PROTECTED]>