Halo Mbak Rose. Aku pikir mau berlebaran di Palembang, ternyata ke Surabaya ya.

Wah kalau ngomongin kuliner Jawa Timur bisa panjang lebar, berbulan-bulan tidak
bakalan habis.

Selain Rujak Cingur, Lontong Balap, Lontong Kupang, Sate Klopo, Soto-sotoan,
Pecel-pecelan,  ada lho yang unik dan pernah saya coba: Gule Kacang Ijo.
Perpaduan kuliner Nusantara dan Arab. Lokasinya tak jauh dari kantor Walikota
Surabaya. Dekat juga dengan Sate Klopo Ondomohen.

Untuk beli oleh-oleh khas Jatim saya sarankan beli di toko Bhek, lokasinya di
dekat Pasar Genteng. Segala macam oleh-oleh lengkap ada di sana. Kalau tak bisa
dicari di satu toko, bisa pindah ke toko lain. Tapi menurutku yang paling
lengkap adalah toko Bhek. Bahkan jajanan dari daerah lain juga ada, seperti
Jenang Kudus Mubarok, Dodol Garut, dll. Kalau kesana setelah jam 1 siang ya,
karena pas pagi jalannya dijadikan pasar. Kalau malam dijadikan kuliner malam,
ada Bakmi Jowo di depan pasar yang jross banget. Tapi mungkin pas Lebaran dia
tutup, mudik.

Oh ya, saya kecewa dengan Pasar Blauran. Di pasar itu jajanan tradisional sudah
mulai tergeser oleh kue-kue modern. Hampir semua penjaja makanan jualannya
sama. Saya duga ada mafia pasar dimana pemasoknya sudah ditentukan oleh
pengelola pasar. Saya juga kecewa dengan warung-warung nasi di sana. Harganya
nonjok. Tak sesuailah.

Mereka sepertinya perlu belajar manajemen dari pengelola Pasar Tebet, Jaksel.

Facebook: Radityo Djadjoeri
YM: radityo_dj
Twitter: @mediacare
4sq: http://foursquare.com/user/mediacare