Wilujeung tepang kang Soni,
mungkin salah paham atau salah ketik anu dimaksud kuabi mah
syariat/hukum/adat Afganistan (gara-gara abi patepang sareng wanita
asal Afg yang disiksa/diperkosa minggu kamari).
Punteun kaumat islam saya enggak bermaksud menyakiti hati anda
semuanya. Dilarat bukan syariat Islam tapi syariat/hukum/adat Afganistan.

kita boleh beda pendapat tapi harus menjaga hak pendapat orang lain,
kalau buat saya sebagai perempuan bukan mempermasalahkan JILBAB
(AGAMA), yang saya persalahkan adalah penindasan hak asasi wanita yang
terjadi dimana-mana, sebagai perempuan saya merasa berontak setelah
mendengar langsung cerita dari wanita Afganistan (diperkosa malah
dianggap hina dan harus dibunuh), menurut saya wanita afganistan tidak
ada harganya biarpun mereka sudah berjilbab dan bahkan seluruh badan
ditutup hanya kelihatan matanya tetapi masih tetap DIPERKOSA.
Coba pikirkan biarpun seluruh badan sudah ditutup masih jadi korban
biadab perkosaan ???????????????????!!!!!!!!!!!!!!!!!!!.
yang saya takutkan kejadian diafganistan seperti itu akan terjadi di
Indonesia. Saya sangat cinta Indonesia, dimanapun saya berpijak
Indonesia tetap ibu saya, dimanapun saya berpijak saya tetap bersikap
seperti wanita Indonesia. Saya tidak berjilbab dan tentu saja saya
tidak telanjang atau mempertontonkan aurat disini, saya masih
menghargai saya sendiri. Saya masih tetap wanita Indonesia. Yang saya
perjuangkan adalah hak asasi wanita dan kebebasan berkarya terhadap
seorang wanita jangan dihalang-halangi.
Maka yang saya inginkan kaum pria untuk menghargai kaum wanita tidak
pilih-pilih (agama, ras, suku, berjilbab atau tidak). Yang saya
inginkan jangan memnganggap wanita sebagai hiasan dunia,terus terang
kata-kata hiasan sangat merendahkan martabat wanita. yang saya
inginkan lihatlah wanita sebagai manusia yang juga berhak untuk
berkarya dan berilmu tinggi.

Faktor-faktor kekerasan itulah yang membuat saya khawatir, masalah
JILBAB tidak menjadi hambatan bagi saya,kalau seseorang memakai JILBAB
secara iklas itu sangat bagus dan saya tidak akan mengatakan wanita
berjilbab itu jelek atau baik. Saya pribadi tidak mau dipaksa untuk
berjilbab dan saya juga tidak mau TELANJANG dijalanan atau
mempertontonkan badan saya. Yang penting buat saya adalah memakai baju
yang serasi, sopan, rapi, bersih.

Yang saya jungjung tinggi dipokok masalah ini adalah hak asasi manusia
terutama wanita yang selalu jadi korban, bukan berdebat masalah agama,
saya yakin semua agama mengajarkan kebaikan. Dan saya sangat
menghormati kepada setiap penganut agama lain bahkan saya masih
menghargai orang yang tidak memilih salah satu agama sekalipun. Saya
tidak mau memaksakan atau menggurui seseorang dengan kata-kata yang
seakan-akan saya adalah suci.
Terpenting buat saya adalah hubungan saling menghargai antar sesama
manusia adalah penting, bahkan saya sangat menghargai binatang, saya
di Canada juga menjadi suka relawan penyelamatan binatang(Kucing,
Anjing, Burung, kuda, dll). Saya punya rencana ingin gabung diyayasan
perlindungan wanita International. Tapi saya juga ingin sekolah lagi
di London, Canada nambah ilmu, jadi pabeulit geuningan, bingung
kuwaktuna he..he..he..

Bahkan penganiayaan terhadap perempuan tidak terjadi pada wanita islam
saja, contohnya teman saya Joan Manslow (Wanita bule) baru-baru ini
disiksa oleh suaminya; ditendang, diseret, dikencingi. Inilah yang
saya maksud, jangan sampe karena adanya suatu peraturan berakibat
buruk terhadap kaum hawa.

Kang Soni punteun abi nganggo Bs. Ind, masalahna rada kaku bs. Sunda
abi teh he..he..he..

Ari Kang Soni sekarang tinggal dimana (Bandung/Jakarta) ? salam wae
kanggo kaluwarga kang Soni sadayana.

Sakali deui punteun bilih aya anu teu satuju kana pendapat abi ulah
tersinggung. Abi mah hoyong ningali kaum hawa diseluruh dunia hidup
berdampingan dengan kaum pria, berilmu tinggi, bersahaja, damai,dan
tidak tertekan.

Baktos,
Nn K G

[Ti urang, nu urang, ku urang jeung keur urang balarea]