Manusia Tertua di Bandung
Oleh: Mahanagari

Kalau kamu
menganggap diri kamu "Pituin Bandung", karena keluarga kamu sudah
tinggal selama 5 generasi di Bandung -kayaknya kamu harus berpikir lagi
deh. Jelas kamu kalah senior sama penghuni Bandung yang satu ini :
"Manusia Pawon". Gak tanggung-tanggung, Manusia Pawon ini sudah tinggal
di Bandung sejak 9500 tahun yang lalu. Mungkin saja dia cantik pada
masanya, namun sayang, tubuhnya sudah berbentuk batu -atau yang biasa
sehari-hari kita sebut sebagai 'fosil'. Jejak wujud manusia tertua ini
adalah perempuan dan anaknya. Ditemukan sedang dalam posisi meringkuk
di kedalaman 60 cm  dari permukaan tanah.

Tanggal 9 dan
17 Desember 2000, sebuah organisasi independen bernama Kelompok Riset
Cekungan bandung (KRCB) berhasil menemukan alat-alat batu, gerabah,
sisa-sisa tulang, dan sebagainya di Gua Pawon. Gua Pawon terletak di
Padalarang, Bandung Barat. Penggalian lanjutan oleh Balai Arkeologi
Bandung bahkan berhasil menemukan peralatan batu dari tulang binatang
dan serta kerangka lengkap manusia (homo sapiens) dalam posisi
meringkuk. Baca seterusnya di www.mahanagari.com atau silakan klik disini

-ulu-