Dari milist sebelah, semoga bisa menjadi renungan bersama pasca Lebaran 1430H
dan seluruh staf PH PRO turut menghaturkan mohon maaf lahir batin kepada
Saudara-Saudari semua..Salam.

Dari: WIYOSO HADI <wiyoso.h...@...>
Tanggal: Kamis, 24 September, 2009, 8:40 AM

Amien Prof Dr Thabrany. Saya baru pulang liburan 3 hari keliling pulau Bali,
nginap semalam di Ubud dan semalam di rumah peristirahatan Bupati Buleleng di
pantai Lovina ( singkatan dari Love Indonesia ) yang terkenal dengan
lumba-lumba hitam perut putihnya itu,
 disuguhi masakan khas Bali
 tapi halal bagi muslim selama 3
 hari, alhamdulillah enak semua :-) tapi yang
 paling saya suka keramah-tamahan teman-teman Bali di sana yang mayoritas Hindu
dan kebhinneka tunggal ika-annya terutama di Bali Utara dan Bali Barat yang
saya lihat tak sulit temukan masjid-masjid disana, juga kerelegiusitasan
teman-teman Hindu di sana yang selama ngantar kami-kami dari jakarta ini saya
perhatikan tidak lupa untuk sembahyang menurut kepercayaan agama mereka untuk
memohon selamat dan kebersihan diri mereka.

Artinya apa? Untuk menjadikan Ied sebagai momentum bersih Indonesia, kita tidak
bisa berjuang sendiri-sendiri atau terkotak-kotak tapi harus merangkul seluruh
elemen masyarakat Bangsa apapun Jabatan, Profesi, Instansi, Agama dan Sukunya..
Dalam kesempatan ini juga, bila Rekan Milist kita Bapak Dr Musni Umar berkenan,
mohon sampaikan kepada Bapak Presiden SBY bila diajak beliau ngobrol2 santai
kembali.. bahwa Mensinergikan Masyarakat Multikultural ini tak cukup dengan
 pendekatan formal agama, formal hukum dan intelektualitas akademis saja tapi
perlu diawali pendekatan2 itu sebelumnya dengan pendekatan dari Hati ke Hati
berupa Keterbukaan, Menjunjung Rasa Keadilan Masyarakat Bangsa yang multi-etnis
ini, Kesederhanaan dan Kesantunan Bahasa Instruksi, dan mulai "sapu-sapu"
lingkungan kerabat dan staf-staf terdekat kita sebelum mengajak masyarakat
bawah "sapu-sapu" lingkungan sekitarnya ALIAS dimulai dari STOP MAKSIAT (Mata,
Telinga, Lidah, Tangan, Kaki, dan seluruh anggota badan lainnya) diri sendiri,
kerabat dan lingkungan terdekat kita sebelum mengajak, mensinergikan dan
membersihkan yang lain-lainnya.. 'insya Allah..

amien