GEMBALA
YANG BAIK

Konsep gembala dengan dombanya adalah konsep Kristen.

Kelihatannya ada perbedaan antara domba dengan kambing; kalau domba
bisa mengenali suara tuannya, sedangkan kambing tidak bisa. Kalau gembala domba
posisinya berjalan didepan domba-dombanya, sedangkan gembala kambing harus
dibelakang kambing-kambingnya karena harus menghalau mereka. Kalau tongkat
gembala domba hanya untuk simbul kepemimpinan, sedangkan tongkat gembala
kambing untuk alat pemukul.

Berikutnya, makna rohani dari tongkat adalah hukum. Bagi orang Kristen,
hukum ALLAH adalah bayang-bayang kepemimpinan ALLAH. Tapi bagi orang-orang
Yahudi yang hidup di zaman Perjanjian Lama, hukum ALLAH adalah alat untuk
menakut-nakuti mereka.

semua dombanya telah dibawanya ke luar, ia berjalan di
depan mereka

dan domba-domba itu mengikuti dia, karena
mereka mengenal suaranya.

Konsep gembala ini dimulai dari pengurapan Petrus oleh YESUS, sebagai
gereja[jemaat]:

Akupun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu

karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan

menguasainya.

Berikutnya, TUHAN YESUS memberikan amanah kepada gereja untuk
menggembalakan domba-dombaNYA:

Yesus kepadanya untuk ketiga kalinya: "Simon, anak Yohanes, apakah

engkau mengasihi Aku?"* Maka sedih hati Petrus karena Yesus berkata

                                    untuk ketiga
kalinya: /"Apakah engkau mengasihi Aku?"* Dan ia berkata

kepada-Nya: "Tuhan, Engkau tahu segala sesuatu, Engkau tahu, bahwa
aku

mengasihi Engkau." Kata Yesus kepadanya: /"Gembalakanlah
domba-

domba-Ku.

Gembala yang benar adalah gembala yang berjalan didepan, yang siap
mempertaruhkan nyawanya untuk melindungi domba-dombanya dari terkaman
binatang-binatang buas.

gembala yang baik. Gembala yang baik memberikan nyawanya bagi

domba-dombanya;

Ketika memimpin Israel, Musa adalah mantan gembala domba. Jiwa
gembalanya muncul ketika mendapati umat Israel banyak yang dibinasakan
ALLAH di Padang Gurun. Musa gusar dan marah kepada ........... ALLAH. Ya, Musa
marah kepada ALLAH:

kembalilah Musa menghadap TUHAN dan berkata: "Ah, bangsa ini

telah berbuat dosa besar, sebab mereka telah membuat allah emas bagi

mereka.

                      32:32     Tetapi sekarang, kiranya Engkau mengampuni
dosa mereka itu--dan jika

tidak, hapuskanlah kiranya namaku dari dalam kitab yang telah
Kautulis."

Musa berpikir, lebih baik dirinya yang dibinasakan, jika ALLAH tidak
bersedia mengampuni Israel .

Oleh rasa tanggungjawabnya yang besar terhadap Israel, Musa dijangkiti
keputusasaan, karena dia harus berdiri diantara ALLAH dengan bangsa Israel .

Begitu juga dengan gembala muda Daud; sebelum ia menjadi raja Israel,
ia menghadapi kesombongan Goliat. Dia menceritakan kepada raja Saul, bagaimana
dan apa saja yang dilakukannya sebagai seorang gembala domba.

Daud berkata kepada Saul: "Hambamu ini biasa menggembalakan

kambing domba ayahnya. Apabila datang singa atau beruang, yang

menerkam seekor domba dari kawanannya,

                    17:35       maka aku mengejarnya, menghajarnya dan
melepaskan domba itu dari

mulutnya. Kemudian apabila ia berdiri menyerang aku, maka aku menangkap

janggutnya lalu menghajarnya dan membunuhnya.

                   17:36        Baik singa maupun beruang telah dihajar
oleh hambamu ini. Dan orang

Filistin yang tidak bersunat itu, ia akan sama seperti salah satu dari
pada

                                    binatang itu, karena ia
telah mencemooh barisan dari pada Allah yang

hidup."

Namun demikian Daud tetap memberikan kemuliaan kepada YAHWEH, sebagai
Gembala yang sejati:

Daud. TUHAN adalah gembalaku, takkan kekurangan aku.

                    23:2         Ia membaringkan aku di padang yang berumput
hijau, Ia membimbing aku ke

air yang tenang;

                    23:3         Ia menyegarkan jiwaku. Ia menuntun aku
di jalan yang benar oleh karena

nama-Nya.

                   23:4          Sekalipun aku berjalan dalam lembah
kekelaman, aku tidak takut bahaya,

sebab Engkau besertaku; gada-Mu dan tongkat-Mu, itulah yang menghibur

aku.

                   23:5          Engkau menyediakan hidangan bagiku, di
hadapan lawanku; Engkau

mengurapi kepalaku dengan minyak; pialaku penuh melimpah.

                   23:6          Kebajikan dan kemurahan belaka akan
mengikuti aku, seumur hidupku; dan

aku akan diam dalam rumah TUHAN sepanjang masa.

Bahwa gembala yang baik takkan membiarkan domba-dombanya berkekurangan.
Gembala yang baik akan membaringkan domba-dombanya di rerumputan hijau yang
segar dan memberikan minuman yang menyegarkan. Berikutnya, gembala yang baik
itu takkan mengenakan peraturan-peraturan sebagai suatu kuk yang menakut-nakuti
umatnya.

hilang akan Kucari, yang tersesat akan Kubawa pulang, yang luka akan

Kubalut, yang sakit akan Kukuatkan, serta yang gemuk dan yang kuat akan

Kulindungi; Aku akan menggembalakan mereka sebagaimana
seharusnya.

Dan jangan lupa bahwa para gembala akan dimintai pertanggungjawabannya:

akan Kuberikan kunci Kerajaan Sorga. Apa yang kauikat di dunia

ini akan terikat di sorga dan apa yang kaulepaskan di dunia ini akan
terlepas

di sorga."

Kirim email ke