Pak/Bu Chana,
Dipasaran memang jarang ada buku yang khusus membahas tentang Macro. Salah
satu yang saya pernah beli adalah buku Panduan Belajar - Macro Excel 2003,
cetakan tahun 2004. Tetapi buku ini hanya sedikit contoh-contoh untuk
menjadi mahir. Menurut saya sih, cara belajar yang paling baik adalah
mencoba untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang muncul dari beberapa
aplikasi, misalnya menjawab pertanyaan di milis ini. Coba cari di Gramedia,
disana ada beberapa buku, yang dapat dibeli.

Selain itu, untuk yang otodidak kita dapat banyak belajar dalam membuat maro
excel dengan fasilitas yang ada dalam excel ialah Perekaman Macro. Waktu
fasilitas perekaman macro dijalankan, maka Excel akan menyimpan informasi
semua langkah-langkah dari rangkaian perintah yang kita lakukan.

Langkah lain, misalnya dapat di search dgn search engine, banyak website
yang menawarkan pelajaran macro secara cuma-cuma. Tetapi ini tentunya dalam
bahasa Inggris.

Jadi yang paling murah/mudah adalah mengikuti milis ini atau milis tetangga
yan gmemang khusus membahas problem-problem di Excel.

Salam,
Alexander Halim

--
Dr.-Ing. Alexander Halim
mobile : +62 816 996996 or +62 8179 996996

Kirim email ke