dear MH Wibowo

jika nilai Rp yang akan anda konversi pada cell i6, dan hasil konversi ke
USD juga pada cell i6, maka anda perlu mengatur setting calculation options,
bagian enable iterations bernilai true (dicentang), dan mungkin maximum
iterations cukup diset 1, lalu setelah itu gunakan formula di cell i6
=i6/$t$5

jika nilai rp di kolom i (mulai i6) dan kolom hasil konversi di kolom j
(mulai j6), maka anda tidak perlu mengatur setting seperti di atas dan data
nilai rp yang dikonversi tetap tampak, dengan formula di j6 = i6/$t$5

tanda $ adalah pengubah referensi. tipe referensi ada 4 :
1. relatif semua (baik kolom maupun baris)
jadi jika formula di j6 adalah =i6/t5, maka t5 bertipe referensi relatif
semua.
jika cell hasil konversi di j6 di-copy ke j7, maka i6 menjadi i7 dan t5
menjadi t6 (relatif baris)
jika cell hasil konversi di j6 di-copy ke k7, maka i6 menjadi j7 dan t5
menjadi u6 (baris dan kolom ikut berubah semua)

2. relatif kolom absolut baris, misal formula j6 =i6/t$5
maka t akan berubah jika cell j6 di-copy ke kolom selain j, sedang baris
tetap 5

3. relatif baris absolut kolom, yang bergerak barisnya, kolom tetap, misal
=i6/t$5

4. absolut semua, semua tetap, misal =i6/$t$5

semoga maksudnya begitu,
kid

Kirim email ke