Dear Wibowo,

Istilah data dan beberapa baris masih luas cakupannya, jika bisa lebih
spesifik atau dilengkapi contoh filenya, mungkin akan lebih mudah bagi
rekan-rekan memberi sarannya.

- Jika beberapa data tersebut diambil karena ingin menyalin datanya, dengan
Copy data yang di file A yang telah dibuka (load), Paste ke file B.

- Jika beberapa data di file A tersebut adalah sebagai data bagi input bagi
proses kerja di file B, sehingga setiap perubahan nilai di baris data di
file A tersebut mempengaruhi hasil kalkulasi formula di file B, maka harus
dibuat sebagai linked cells (bukan hyperlinks). Hal ini akan membuat File A
dan File B sebagai anggota tim kerja, maka buat view yang cocok dengan
kebutuhan, lalu save as workspace dengan menu File -> Save as workspace pada
xl2003 ke bawah (menu View -> Save Workspace (pada group WIndows) di xl2007.
Dan beri nama workspace, lalu setiap mengerjakan tugas tentang hal itu, buka
file workspace-nya.

salam,
kid

Kirim email ke