makasih mas,
akan saya coba tuk mempelajarinya
bujur - bujur (thank you)

--- On Tue, 3/3/09, nm kid <nmkid.fam...@gmail.com> wrote:
From: nm kid <nmkid.fam...@gmail.com>
Subject: Re: [belajar-excel] menyortir dua data yang berbeda
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Tuesday, March 3, 2009, 10:50 PM

            Sdr Taufiq,

Link berikut bisa memberi gambaran tentang sql syntax
http://www.btrieve. com/library/ docs/psql/ 10/sqlref/ index.html
di bagian SQL Syntax Reference.

Penjelasan cara pakai SQL, di bagian SQL Overview, dan untuk kegiatan anda yang
memanipulasi data (mengolah data supaya siap diproses, misal akan diproses
formula excel), berarti di bagian SQL Overview ini di sub tentang Manipulation
Data.

SQL itu mudah dan umum digunakan untuk pekerjaan yang menyangkut Database.
Semua data yang terkumpul dengan pengelompokan tertentu disebut database, meski
itu hanya 1 sheet berisi satu tabel. Itu sebabnya excel sendiri ketika mulai
berinteraksi keluar, akan menjadikan workbook sebagai file database, dan sheet
sebagai tabel, dan vba sebagai procedure.

Oleh sebab itu, saya setiap mengolah dengan excel, apalagi data banyak, selalu
dibedakan sheet-nya, untuk data, untuk antara atau sebagai report. supaya
ketika akan berhubungan dengan dunia luar, menjadi lebih luwes karena formatnya
sudah mirip.

Saya punya VBA untuk memanfaatkan SQL. Saya buat dengan xl2007, dan mungkin
sudah mulai bisa dengan xl2003, karena ListObjects pertama kali dikenalkan pada
xl2003 (keleru gak ya..), jadi dengan mahir menuliskan SQLnya di cell itu, lalu
eksekusi, dan keluarlah tabelnya.

semoga bermanfaat.
kid

2009/3/4 Taufiq Baba <t0...@yahoo. com>

Mohon maaf mas sebelumnya, soalnya saya belum pernah belajar menggunakan syntax
sql, apakah ada yang bisa mengajarkan saya, / manual booknya?

.

Kirim email ke