Dear Yuni,

At least, summary jumlah sudah bisa.

Masalah duplicate :
-- Import data
Asumsi : data pada database tidak ganda (duplicate) alias unique, dari waktu
ke waktu.
Jika ingin mengambil data (import) dari database (yang mestinya datanya
sudah bagus), gunakan data connection. Maka, setiap kali database
ter-update, maka data yang ditampilkan oleh excel melalui data connection
ini hanya membutuhkan proses refresh saja, dan excel akan menampilkan data
dari database yang ter-update tadi. Refresh bisa diset melalui connection
setiap sekian waktu.
Jika data di database memang sesuai asumsi (tidak ganda), maka data yang
ditampilkan excel juga tidak ganda (karena hanya salinan saja dari data asli
di database).

Cara paling mudah adalah menggunakan MS Query.
Cara di xl2003 ke bawah, menu Data -> Import External Data -> pilih New
Database Query
Muncul dialog box pilih DSN (data source name), umumnya sudah ada untuk
semua file dbase, access, excel. Jika lainnya itu, pilih New Data Source.
Jika pilih yang sudah umum (dbase, access, excel), maka tinggal cari nama
file database. Jika new, maka harus memberi nama data source, pilih driver,
dan connect (hal ini hanya sekali dilakukan).

Pilih file db, pilih tabel (sheet atau named range jika dari excel), pilih
field-fieldnya, set filter bila perlu, set akan tampil seperti apa di excel
( sebagai tabel atau pivot (bisa pivot table atau pivot chart atau kedua
pivot) ), dan ikuti terus, sampai tampil hasilnya di excel.

Kemudian, setiap butuh atau ingin update data dari database, cukup menu Data
-> pilih Refresh Data.

Pemahaman SQL dengan baik akan memudahkan dan membuat fitur excel ini begitu
powerful, karena bisa memanfaatkan kemampuan SQL dalam memanipulasi data.
Jadi, di excel tinggal menambah sedikit pengolahan saja untuk bisa siap di
presentasikan atau dianalisa.

Ingin belajar lebihl engkap tentang hal ini, disertai course step by step,
tes pemahaman course, dan latihan file :
http://office.microsoft.com/en-us/excel/CH062527951033.aspx (link materi
working with data)
materi lain, jelajah saja di
http://office.microsoft.com/en-us/help/FX100485361033.aspx

Regards.
Kid.

2009/5/24 yuni arsih <uni_...@yahoo.com>

> Dear Kid
>
> Thanks for your response..
>
> untuk masalah duplicate data saya masih belum bisa ..pada saat saya import
> data dari database ke excel data yang sama masih terinput juga jadi ada dua
> atau lebih data yang sama.....nah bagaimana pengolahan data di excel supaya
> hanya satu data (tidak duplicate)...
>
> bagaimana pengunaan pivotable coz datanya jadi bertumpuk....
>
> Thanks banget ya..
>
> Warm regards,
>
> Yuni
>
> .