Dear sepriansyah encep

Jika warna merah berupa interior cell, bisa dengan VBA (atau kalo yang suka
excel4macro, dengan Get.Cell di named range -- tapi tetap saja macro)

'jika berupa interior cell (bukan hasil conditional formatting
Public Function Interiornya(rng as Range) as variant
         'kalau mau property yang lain seperti Get.Cell(angka_sekian), ganti
property range colorindex
         'dengan property range lain seperti font atau apa saja yang ada
         Interiornya=rng.interior.colorindex 'atau rng.interior.color
end function

Cara pakai : buat satu tabel referensi warna, kolom x adalah cell cell yang
diberi warna, kolom y =interiornya(x2) dan kolom z adalah tulisan warna
(misal di z2 adalah Merah karena x2 di warna merah

pada data :
=vlookup(interiornya(A2), y1:z50, 2,false)
atau dengan formula lainnya.

Jika karena conditional formatting, maka vba di atas gak bisa.

Kid