Sama-sama. Berikut bahan belajarnya.

Formulanya :
=SUMPRODUCT(($A$6:$A$7=F5)*($B$5:$C$5=H5)*$B$6:$C$7)

Penjelasan :
SumProduct() adalah ...... ? (hehehe)

($A$6:$A$7=F5) adalah pemilih menurut kriteria baris yang harus bersesuaian
nilai Kode No
($B$5:$C$5=H5) adalah pemilih menurut kriteria kolom yang harus bersesuaian
nilai Transaksi. Hal inilah yang menuntut adanya kejelasan data baris
bersesuaian harus masuk ke nilai transaksi tertentu, sehingga diharuskan
adanya kolom Transaksi.

$B$6:$C$7 adalah nilai yang akan diambil untuk kriteria yang bersesuaian.
Perkalian array kriteria : n baris x m kolom akan menghasilkan array n,m.
Maka bagian nilai yang diambil harus berupa array n,m juga (B6:C7 adalah
array 2,2 karena kriteria baris adalah n = 2 dan krtieria kolom adalah m =
2)

Karena berupa formula yang menggunakan fungsi SumProduct(), maka :
- Formula tidak perlu berupa array formula karena fungsi SumProduct
menggunakan input array.
- SumProduct akan menjumlahkan seluruh nilai hasil perkalian array. Jadi,
jika ada lebih dari satu baris data (kolom A) yang bernilai A10, maka
seluruh nilai Cash akan dijumlahkan menjadi sebuah nilai Cash. Begitu pula
dengan nilai Kredit.

Semoga bermanfaat.
Kid.

2010/5/23 Utam Thea <musafir_a...@yahoo.com>

> thanx Mr.Kid...!!!
> saya baru belajar...jadi perlu bimbingannya!
>
> --- Pada *Ming, 23/5/10, Mr. Kid <mr.nm...@gmail.com>* menulis:
>

> Dari: Mr. Kid <mr.nm...@gmail.com>
> Judul: Re: [belajar-excel] Memasukkan harga kas dan kredit
> Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
> Tanggal: Minggu, 23 Mei, 2010, 3:56 AM
>

> mbok yao ada penjelasan tentang masalahnya di body email.
> Saya rasa hal itu membuat percakapan jadi lebih enak.
>
> Kid.
>
> On Sun, May 23, 2010 at 10:46 AM, Utam Thea <musafir_ardl@
> yahoo.com<http://mc/compose?to=musafir_a...@yahoo.com>

Kirim email ke