Dear rekan2 yg saya hormati, saya kebetulan mendapat amanah utk jadi pembicara
pada acara kopdar milis belajar-access di Gedung Gramedia Matraman tgl 5 Juni
2011, dan topik yg saya bawa adalah tentang kolaborasi Access dan Excel. Bagi
rekan2 belajar-excel yg hendak hadir, silahkan kunjungi:
http://www.rumahaccess.com/2011/05/pertemuan-komunitas-ms-access-indonesia.html
Kebetulan jadwal saya adalah yg pertama, diberi waktu 15 menit untuk
persentasi, kemudian tanya jawab dengan rekan2 yg hadir. Durasi maksimum setiap
pembicara adalah 1 jam. Berikut ini sinopsis dari saya:
Sinopsis: Kolaborasi Acccess dan Excel
Microsoft Access dan Microsoft Excel merupakan dua software yang saling
berkaitan satu sama lain. Access merupakan software yang sangat canggih untuk
pengembang (programmer) database profesional. Dari mulai table hingga report,
semua bisa dibuat didalam satu file. Adapun Excel menyediakan media penyimpanan
dan pengolahan data yang sangat besar dan canggih yang mudah digunakan oleh
user yang awam akan database. Merupakan hal yang sangat membantu user, selain
membentuk report langsung didalam Access, programmer database juga menyediakan
fasilitas report, analisa dan export data ke Excel.

Oleh karena itu, dalam kopdar milis belajar-access di Gedung Gramedia -
Matraman ini Insya Allah saya akan membahas:

Bab I : Export Data Access ke Excel
·         Export Data Access ke Excel Menggunakan Metode Copy Paste

·         Export Data Access ke Excel Menggunakan Metode Click and Drag

·         Export Data Access ke Excel Menggunakan Fasilitas Export Wizard di
Access

·         Export Data Access ke Excel Menggunakan VBA

Bab II : Import Data Access ke Excel
·         Import Data Access ke Excel Menggunakan Fasilitas Import Wizard di
Excel

·         Import Data Access ke Excel Menggunakan Macro

·         Memanfaatkan Microsoft Query dalam Import Data Access ke Excel

Bab III : Menambahkan Sejumlah Record Tertentu
·         Menambahkan Sejumlah Record Tertentu di Access ke Suatu Table di Excel

·         Menambahkan Sejumlah Record Tertentu di Excel ke Suatu Table di Access

Bab IV : Remote Access di Excel dan Sebaliknya
·         Menjalankan Macro Excel di Access

·         Menjalankan Action Query Access di Excel

·         Menjalankan Parameter Query Access di Excel

·         Menjalankan VBA Access di Excel

·         Membuka Object Access (Table, Query, Form dan Report) Menggunakan
Macro Excel

·         Export Object Access (Table, Query, Form dan Report) Menggunakan
Macro Excel

·         Compact and Repair Access Database Menggunakan Macro Excel

Selain itu, insya Allah saya akan sampaikan tips spesial dalam hal kolaborasi
Access dan Excel, yg merupakan alternatif tercepat yg mungkin belum tentu
rekan2 dapatkan dibuku2 atau eBook Access/Excel manapun.

Selain membahas Kolaborasi Access dan Excel, saya akan memberikan gratis door
prize berupa 10 CD AccessWeb Indonesia, yang didalamnya memuat pelajaran Access
untuk tingkat dasar, pemrograman Access, teori Microsoft SQL Server, OPI
Software berikut dengan source codenya, tip-tip tentang Access (termasuk tip
spesial mengenai tata cara mengemas program dan system security-nya), FAQ
mengenai Access, contoh-contoh file Access berasal dari para programmer Access
dan juga dari saya sendiri, berbagai Access tools dan add-ins yang menarik dan
bermanfaat, beberapa Access template dengan berbagai fungsi, object dan
file-file pendukung, serta informasi-informasi menarik lainnya mengenai Access.

Wassalaamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
Sofyan Efendi.
http://opi.110mb.com/

Pertemuan Komunitas MS Access Indonesia
Hari/Tanggal: Minggu, 5 Juni 2011
Jam: 08:00 - 17:00 WIB
Tempat: Toko Buku Gramedia, Jl. Matraman, Jakarta Timur

Terbuka untuk semua Pemakai/Peminat MS Access dan Umum.

Pertemuan ini sebagai ajang silaturahmi bagi para pemakai/peminat MS Access,
namun terbuka juga untuk umum. Menampilkan tokoh-tokoh dalam komunitas MS
Access yang akan membawakan materi yang menunjukkan kemampuan MS Access bukan
hanya untuk mengelola databasenya sendiri, namun bisa juga untuk mengelola
database lain seperti MySQL, menjadi SMS gateway, untuk mengirim email,
mengelola attachment dalam database, serta bagaimana memproteksi aplikasi yang
dibuat dengan MS Access.

Lengkapnya, materi yang akan disajikan adalah:
  a.. Access to Excel (Data Interchange) - Soffyan Effendy dkk.
  b.. Access to MySQL - Edy Wiyono
  c.. SMS Gateway using Access - Adi Atmanto
  d.. Emailing using Access - Sudarsono & Narupi
  e.. Using Access 2010 new features - Haer Talib
  f.. Hacking Access (Access Security) - Lusky Kurniawan
  g.. Dr. Access (Case Analysis and Solution) - Aksan Kurdin dkk.
Acara ini diselenggarakan oleh RumahAccess Indonesia (www.rumahaccess.com)
bekerja sama dengan PT Elex Media Komputindo, dan didukung oleh PT Microsoft
Indonesia, PT Intacsindo, dan PT DayTrans.

Pendaftaran:
Kirim email ke kop...@rumahaccess.com
atau SMS ke 085692076004
berisi: Pendaftaran
dengan mencantumkan: nama lengkap, alamat, dan asal instansi/perusahaan/sekolah.

Biaya Rp 50.000,- / orang

Ditransfer ke:
BCA Cileungsi, Bogor
Rek.no: 4060426177
a/n Siradzamunir Rahman

Catatan:
Snack dan Lunch disediakan.

Tersedia aneka door prize dari sponsor / pendukung acara.

(Jangan sampai melewatkan acara ini. Jumlah peserta dibatasi. Daftar sekarang
juga untuk memastikan Anda mendapatkan undangannya).

Kirim email ke