From: STDEV(i) <setiyowati.d...@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Thursday, July 21, 2011 7:21 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Filter Range kemudian memasukkannya dalam ListBox
UserForm

biasa"nya" begini:

' (module userform)
Dim Tbl As Range

Private Sub UserForm_Initialize()
  ' siti Vi // 21 Juli 2011
   '------------------------
   Dim Cabang As Range, UniqCabang, n As Long
   Set Tbl = Sheets("Sheet1").Cells(4, 3).CurrentRegion
   Set Cabang = Tbl.Offset(2, 2).Resize(Tbl.Rows.Count - 2, 1)
   ' prosedur ini perlu fungsi Louv (list of UniqValues)
   UniqCabang = LOUV(Cabang)
   ComboBox1.Clear
   For n = LBound(UniqCabang) To UBound(UniqCabang)
      ComboBox1.AddItem UniqCabang(n)
   Next n
End Sub

Private Sub ComboBox1_Change()
  ' siti Vi / 21 Jul 2011
   '----------------------
   Dim HeadArray(), r As Long, n As Long, c As Integer
   ReDim HeadArray(0 To Tbl.Columns.Count - 1)
   With ListBox1
      .ColumnCount = Tbl.Columns.Count
      .Clear
      ' Header dlm listbox
      For c = 0 To Tbl.Columns.Count - 1
          HeadArray(c) = Tbl(2, c + 1)
      Next c
      .AddItem: .Column() = HeadArray
      n = 0: r = 0: c = 0
      ' items dlm listbox
      For r = 3 To Tbl.Rows.Count
         If ComboBox1.ListIndex > -1 Then
            If Tbl(r, 3) = ComboBox1 Then
               n = n + 1
               For c = 1 To Tbl.Columns.Count
                  .AddItem: .List(n, c - 1) = Tbl(r, c)
               Next c
            End If
         End If
      Next r
   End With
End Sub

'  Note
' Pengisian ComboBox tidak secara Hardcoded (merujuk Alamat range yg dibuat
manual )
' tetapi dengan cara mengambil UniqValue pada Kolom Cabang
' cara ini hanya berguna bila tabelnya dinamis dan nama cabang bisa bertambah /
berkurang
' Combobox akan berisi sesuai UniqList dari Kolom Cabang tsb)
' Untuk pekerjaan spt ini diperlukan UDF seperti Louv (tidak harus Louv,
silakan dibuat sendiri
' yg sesuai selera)

2011/7/21 MAMUDA PONTIM <uud_mam...@yahoo.com>

> Para Pakar Excel yang budiman.
> Kali ini saya minta pencerahan tentang cara memfilter range dan menampilkan
> hasil filter di ListBox UserForm. Filter yang dimaksud berdasarkan value
> ComboBox di UserForm juga. Dalam file yang saya sertakan, misalnya di Combo
> Box saya Pilih Cabang Surabaya, maka pada ListBox akan ditampilkan hasil
> filter range TabelKunjungan yang berasal dari Surabaya saja.
> Terima kasih.

Kirim email ke